Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Produk Es Puter (Studi Kasus di UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya Kota Batu)

Primadiani, Mifta Ayu (2018) Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Produk Es Puter (Studi Kasus di UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan teknologi seoptimal mungkin, salah satunya yaitu internet. Aspek terpenting dalam menyusun komunikasi yang efektif adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen. Selanjutnya yaitu mengembangkan pesan yang efektif, dimana harus menarik perhatian (attention), mengembangkan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire), dan menggerakkan tindakan (action). Tanggapan konsumen dapat diketahui melalui media sosial (instagram). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan efektivitas instagram sebagai media promosi berdasarkan tahapan AIDA dan menentukan hubungan antara perilaku pengguna media sosial instagram, aktivitas promosi dan pengenalan produk dengan efektivitas instagram sebagai media promosi. Penelitian ini dilakukan pada UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung data kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara survei kepada responden menggunakan kuesioner. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pemilik UKM. Responden yang dipilih merupakan followers dari instagram yang sudah pernah melakukan like dan comment. Jumlah sampel masing-masing UKM sebanyak 42 responden. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi berdasarkan AIDA untuk UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya yaitu efekif dimulai dari meningkatkan perhatian (attention), menimbulkan ketertarikan (interrest), meningkatkan keinginan (desire) dan viii mengambil tindakan (action) karena responden telah menilai setuju pada semua indikator. Hasil selanjutnya yaitu variabel aktivitas promosi dan pengenalan produk berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas instagram sebagai media promosi pada UKM Lancar Jaya. Sedangkan hasil pada UKM Barokah Jaya menunjukkan bahwa variabel pengenalan produk saja yang berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas instagram sebagai media promosi.

English Abstract

The growth of science and technology encourages society to be able for advantage of technology as optimal as possible, one of them is internet. The most important aspect in developing effective communication is understanding the process of consumer responses. The second aspect to develop effective messages, attracting attention, developing interest, arousing desire, and moving an action. Consumer responses be known by social media (instagram). The research’s goal to determine the effectiveness of instagram as a promotion media based on AIDA phases and the relationship between of instagram behavior of social media users, promotional activities and product introduction with the effectiveness of instagram as a promotion media. The research was conducted at SMEs Lancar Jaya and Barokah Jaya in Batu City. This research uses quantitative approach and supported by qualitative data. Collections of data quantitative by survey to respondents using questionnaires. Qualitative data collection through filled observation, documentation, and interviews with owners. The selected respondents were followers of instagram who had done likes and comments. The number of samples of each SMEs as much as 42 respondents. The analysis was done with Partial Least Square (PLS). The result of the research indicating that the efectiveness of social media instagram as a promotion media based on AIDA for SMEs Lancar Jaya and Barokah Jaya is considered effective increasing attention, interrest, desire and action because of the respondents have agreed to all indicators. The next conclusion is variable of promotion activity and the introduction of product have a significant effect on the x effectiveness of instagram as a media promotion at SMEs Lancar Jaya. While the results of research on SMEs Barokah Jaya indicating that only the introduction of product variables significantly influence the effectiveness of instagram as a media promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/330/051808858
Uncontrolled Keywords: AIDA Model, Efektivitas Promosi, Es Puter, Partial Least Square,/ AIDA Model, Ice Puter, Partial Least Square, Promotional Effectiveness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising > 659.13 Kinds of advertising and advertising in specific media
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2019 03:59
Last Modified: 22 Nov 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164141
[thumbnail of MIFTA AYU PRIMADIANI.pdf] Text
MIFTA AYU PRIMADIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Actions (login required)

View Item View Item