Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Youtube Terhadap Brand Equity Tropicana Slim (Studi Kuantitatif pada penonton webseries Sore)

Larasati, Gamar Ramadhani (2018) Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Youtube Terhadap Brand Equity Tropicana Slim (Studi Kuantitatif pada penonton webseries Sore). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan jendela dari sebuah perusahaan, keberadaannya menghubungkan perusahaan dengan masyarakat khususnya para konsumen. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai wadah beriklan adalah Youtube. Dalam social media marketing terdapat unsur-unsur penting yang harus di perhatikan untuk memaksimalkan perannya dalam beriklan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap brand equity. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah social media marketing dengan subvariabel yaitu entertaiment, interaction, trendiness, customization, dan word of mouth yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu brand equity pada penonton webseries Sore Tropicana Slim pada Youtube. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah masyarakat di Indonesia yang menjadi penonton webseries Sore pada youtube. Jumlah Responden dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 272 responden yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling. Data yang terkumupul dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel entertaiment, interaction, trendiness, customization, dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Word of mouth merupakan variabel social media marketing yang paling dominan terhadap brand equity Tropicana Slim.

English Abstract

Advertising is the window of a company, its existence connects between company and society especially consumers. One of the social media that is often as a place to advertise is youtube. In social media marketing there are important element that must be considered to maximize its role in advertising. This research aims to examine the influence of social media marketing on brand equity. The independent variables of this study are entertaiment, interaction, trendiness, customization, and word of mouth, of which the influence on brand equity are measured. The population of this research is viewers of webseries Sore from Tropicana Slim on Youtube living in Indonesia. Using non probability sampling method, this study has selected 272 respondents. The data were analyzed using multiple linear regression. The result show, that entertainment, interaction, trendiness, customization, and word of mouth significantly influence brand equity. Based on data analysis shows that word of mouth is the most dominant variable on brand equity Tropicana Slim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/360/051805489
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Brang Equity, Youtube, WEbseries, Iklan Online.-Social Media Marketing, Brand equity, youtube, webseries, online advertising.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:15
Last Modified: 14 Mar 2022 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164031
[thumbnail of Gamar Ramadhani Larasati.pdf] Text
Gamar Ramadhani Larasati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item