Strategi Destination Branding Desa Bandar Kidul Kota Kediri Sebagai Desa Wisata Kerajinan Tenun Ikat

-, Hidayatullah (2018) Strategi Destination Branding Desa Bandar Kidul Kota Kediri Sebagai Desa Wisata Kerajinan Tenun Ikat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya pemerintah kota Kediri dalam membentuk strategi destination branding tenun ikat Bandar Kidul melalui komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemerintah kota Kediri dalam mem-branding desa tenun ikat Bandar Kidul serta mengetahui hubungan pemerintah dengan masyarakat desa Bandar Kidul melalui konsep Community Based Tourism (CBT) dalam membangun desa wisata tenun ikat Bandar Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Desa tenun ikat Bandar Kidul merupakan objek penelitian yang mana Dinas Pariwisata kota Kediri adalah pengelola tunggal dari desa wisata tersebut. Strategi pemerintah kota Kediri dalam membangun desa wisata tenun ikat Bandar Kidul meliputi tiga strategi yaitu yang pertama adalah pendanaan atau penyedia modal, yang kedua memberikan pendidikan atau pelatihan dan yang ketiga adalah melakukan pemasaran.

English Abstract

This research discusses about the effort of the government in kediri to make destination branding of "Tenun ikat Bandar Kidul" through marketing communication. The purpose of this research is to know how the efforts of the government in Kediri in branding "Tenun ikat bandar kidul" village. This research also has a purpose to know the relationship between the government and the people in Bandar kidul village through tourism based tourism concept in developing "Tenun Bandar Ikat tourism village". This research uses descriptive qualitative research with a constructivist approach. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation as supporting data. The Bandar Kidul weaving village is the object of research where the Kediri City Tourism Office is the sole manager of the tourism village. The strategy of the Kediri city government in developing the Bandar Kidul tie weaving village includes three strategies, the first is funding or providing capital, the second is providing education or training and the third is marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/957/051811787
Uncontrolled Keywords: Destiantion Branding, Community Based Tourism, Desa Wisata, Tenun Ikat Bandar Kidul Destination Branding, Community Based Tourism, Tourism Village, Tenun Ikat Bandar Kidul
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2019 02:36
Last Modified: 25 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163829
[thumbnail of Hidayatullah.pdf]
Preview
Text
Hidayatullah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item