Peran Modal Sosial Dalam Membangun Strategi Pemasaran Kecap SH (Siong Hin)

Oktaviandra, Nisa (2018) Peran Modal Sosial Dalam Membangun Strategi Pemasaran Kecap SH (Siong Hin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses terbentuknya modal sosial berupa kepercayaan, norma, dan jaringan yang dibangun oleh produsen kecap SH (Siong Hin). Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk menganalisis lebih dalam dan terperinci bagaimana modal sosial terbentuk didalam produsen kecap SH seperti kepercayaan, norma, dan jaringan dalam menjalankan strategi pemasaran sehingga mereka dapat bertahan hingga saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial harus berjalan melalui tiga aspek yaitu norma dan kepercayaan yang saling berhubungan, kemudian membentuk jaringan. Norma disini yaitu bagaimana produsen kecap SH dapat membentuk kerjasama yang dibangun melalui kepercayaan. Dimana kedua aspek tersebut masih memiliki hubungan timbal balik, norma yang dimaksud berupa tertulis maupun tidak tertulis, setelah norma dan kepercayaan sudah didapatkan, akhirnya menimbulkan jaringan atau kerja sama yang terjalin lama karena saling menguntungkan. Dalam jaringan, dimana terdapat radius of trust tinggi dan rendah yang dapat dirasakan oleh produsen kecap SH dengan masing-masing jaringan. Semua jaringan atau pihak yang bekerjasama dengan kecap SH, dirasa memiliki radius of trust yang tinggi karena kedua belah pihak sudah menjalin hubungan yang lama dan saling menguntungkan. Melalui modal sosial yang dimiliki kelompok produsen kecap SH dan jaringannya, akhirnya dapat mencapai tujuan mereka untuk terus menjalankan strategi pemasaran yang telah dilakukan yaitu personal selling dan Word Of Mouth (WOM).

English Abstract

This research aimed to find the formation process of the social capital, formed in trust, norms, and networks built by the producer of Kecap SH (Siong Hin). This research also used descriptive qualitative method to analyze about how the social capital formed in SH (Siong Hin) soy sauce producers, such as trust, norms, and networks to carry out marketing strategies so they can survive until now. The result of this research showed that social capital must go through three aspects, which are norms and trust that interconnected, then they built networks. What we call norm here is how the producer of SH soy sauce formed cooperation that built through the trust aspect, where those two aspects had reciprocal relationship. Norms in this research formed in written and unwritten norms. After norms and trust obtained, eventually, it led to networks or long-established cooperation because it was a beneficial relationship. In network, there was a high and low radius of trust that can be felt by the producer of Kecap SH in each network. All networks that has cooperation with SH soy sauce had high radius of trust because they established a long and beneficial relationship. Through social capital owned by Kecap SH producer and their networks, they conducted the personal selling and Word of Mouth (WOM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1079/051901231
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, strategi pemasaran, norma, kepercayaan, jaringan.-Social capital, marketing strategy, norm, trust, network
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.19 Food Supply
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:49
Last Modified: 06 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163766
[thumbnail of Nisa Oktaviandra.pdf] Text
Nisa Oktaviandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item