Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pemesanan Kamar Hotel Secara Online Melalui Airy Rooms (Studi Kasus Di Indonesia)

Hendrianti, Zela Selvina (2018) Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pemesanan Kamar Hotel Secara Online Melalui Airy Rooms (Studi Kasus Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi motor penggerak dalam pertumbuhan ekonomi Negara. Kegiatan pariwisata ini memberikan peluang yang cepat dalam kesempatan kerja, pendapatan, dan meningkatkan produksi di dalam negara sebagai penerima wisatawan, industri pariwisata dalam hal ini meliputi, industri kerajinan cindramata, transportasi, makan-minum, penginapan dan perhotelan (Kementrian Pariwisata, 2014). Peran perhotelan memiliki arti penting bagi kegiatan pariwisata. Dewasa ini bisnis perhotelan semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia. Jumlah tujuan pariwisata dan hotel semakin bertambah di banyak daerah. Dengan demikian, persaingan di sektor bisnis perhotelan semakin meningkat dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk melakukan promosi salah satunya dengan cara membuat iklan di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi Airy Rooms terhadap keputusan pembelian tiket pemesanan kamar hotel secara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel sebanyak 272 responden yang merupakan penduduk Indonesia yang pernah melihat iklan Airy Rooms di televisi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh iklan televisi Airy Rooms terhadap keputusan pembelian pemesanan kamar hotel secara online melalui Airy Rooms. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji F (probabilitas) sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai F hitung sebesar 189,676 yang lebih besar dari F tabel yang sebesar 2,41. Besar kontribusi pengaruh iklan televisis Airy Rooms sebesar terhadap keputusan pembelian 74,0%. Dengan demikian, sebaiknya manajemen Airy Rooms dapat lebih meningkatkan promosi. Hal tersebut akan mampu mempengaruhi keputusan pembelian pemesanan kamar hotel secara online melalui Airy Rooms.

English Abstract

Tourism is one of the sectors that become its driving force in the economic growth of the country. Tourism activities provides opportunities in employment, income, and increasing production in the recipient State as tourists, tourism industry in this regard include, cindramata handicraft industry, transportation, makan-minum, lodging and hospitality (the Ministry of tourism, 2014). The role of hospitality has significance for tourism activities. The hospitality business is increasingly growing and thriving in Indonesia. The number of tourist hotels and increasing in many areas. Thus, competition in the sector of hospitality businesses has increased and the number of competitors demanding the company to do the promotion by way of making advertising on television. This research aims to know the effectiveness of television advertising Airy Rooms ticket purchasing decision against hotel room booking in. The type of research used in this study was the quantitative approach by using the methods of the survey. Sample as many as 272 the respondent who is a resident of Indonesia has seen ad Airy Rooms on television by using simple random sampling technique. The data analysis used was Multiple Linear regression analysis. The results showed that: there is the influence of television advertising efficiency of the Airy Rooms of hotel room reservations purchase online through the Airy Rooms. This is proven by the test of significance F value (probability) of 0.000 (p < 0.05) and the value of F count of 189.676 greater than F table of 2.41. The great contribution of televisis Airy Rooms of 74.0% purchases against the decision. Thus, we recommend that the management of Airy Rooms can further enhance the promotion. It will be able to influence the purchasing decisions of booking hotel rooms online through Airy Rooms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/735/051809818
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi dan Keputusan Pembelian Television Advertising and Purchasing Decisions
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 May 2019 03:49
Last Modified: 22 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163765
[thumbnail of Zela Selvina Hendrianti.pdf] Text
Zela Selvina Hendrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item