Strategi Konsumen Untuk Mengurangi Ketidakpastian Dalam Belanja Online Melalui Shopee

Chandra, Lukito Adi (2018) Strategi Konsumen Untuk Mengurangi Ketidakpastian Dalam Belanja Online Melalui Shopee. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan munculnya new media yaitu e-commerce, tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen akan mengalami berbagai ketidakpastian saat melakukan belanja online. Penelitian ini menggunakan Uncertainty Reduction Theory sebagai strategi pengurangan ketidakpastian yang tidak hanya dapat digunakan ketika bertatap muka, namun juga dapat digunakan secara online. Pada penelitian ini ingin mencari tahu strategi pengurangan ketidakpastian yang dimediasi oleh komputer yaitu pada aplikasi Shopee yang cenderung banyak digunakan oleh kalangan muda dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan satu susuan strategi untuk mengurangi ketidakpastian dalam belanja online melalui Shopee yaitu strategi pasif biasanya digunakan untuk mengamati website atau aplikasi Shopee, strategi aktif ‘ekstraktif’ biasanya digunakan untuk mencari informasi melalui mesin pencarian seperti google, strategi aktif biasanya digunakan dengan menanyakan kepada konsumen yang pernah melakukan belanja online, dan terakhir strategi interaktif yang digunakan untuk melakukan komunikasi langsung dengan penjual.

English Abstract

Along with the emergence of new media namely e-commerce, it does not rule out the possibility that consumers will experience various uncertainties when shopping online. This study uses Uncertainty Reduction Theory as an Uncertainty Reduction strategy that can not only be used when face to face, but can also be used online. In this study wanted to find out the Uncertainty Reduction strategy that is mediated by a computer that is in Shopee application which tends to be widely used by young people using descriptive quantitative methods. This research produces a strategy to reduce uncertainty in online shopping through Shopee, ie passive strategies are usually used to observe websites or Shopee applications, active extractive strategies are usually used to find information through search engines like Google, active strategies are usually used by asking consumers who have done online shopping, and finally an interactive strategy used to communicate directly with sellers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1078/051901230
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Belanja Online, Uncertainty Reduction Theory, Computer-Mediated Communication-E-Commerce, Belanja Online, Uncertainty Reduction Theory, Computer-Mediated Communication
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:49
Last Modified: 07 Jun 2020 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163762
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item