Analisis Strategi Bersaing Restoran Burger Shot Dalam Pasar Burger Di Kota Malang Dan Surabaya

Lisfiansyah, Adrian (2018) Analisis Strategi Bersaing Restoran Burger Shot Dalam Pasar Burger Di Kota Malang Dan Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Restoran Burger Shot dalam menghadapi persaingan dalam pasar burger di kota Malang dan Surabaya yang sangat ketat. Jenis penelitian adalah merupakan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Alat analisis strategi menggunakan matriks EFE, matriks IFE, matriks CPM, matriks SWOT, matriks IE dan matriks QSPM. Hasil analisis lingkungan eksternal menunjukkan bahwa respon perusahaan terhadap lingkungan eksternalnya berada di atas rata-rata tetapi masih ada beberapa peluang yang belum dimanfaatkan dan ada ancaman serius yang masih dapat menganggu kinerja Restoran Burger Shot. Sedangkan analisis kondisi internal menunjukkan bahwa, Restoran Burger Shot memiliki kekuatan internal yang cukup kuat, tetapi masih ada kelemahan yang menjadi masalah dan masih banyak kesempatan untuk meningkatkan kekuatan internal dan menutupi kelemahan Restoran Burger Shot .Hasil analisis persaingan menunjukkan bahwa Restoran Burger Shot masih berada di bawah Burger King dan Carls Jr di pasar Surabaya dan berada di atas Eat Two - Burger Bar di pasar Malang. Hasil analisis pemilihan strategi menunjukkan bahwa strategi yang sesuai adalah tumbuh dan dibangun atau strategi intensif dan alternatif strategi yang direkomendasikan adalah penetrasi pasar dengan melakukan implementasi strategi pemasaran dalam peningkatan angka tenaga penjual, meningkatkan beban iklan, meningkatkan usaha publikasi serta memanfaatkan tren digital marketting dengan media sosial menjadi strategi yang efektif dan menawarkan promosi penjualan produk burger dari Restoran Burger Shot secara ekstensif.

English Abstract

This study aims to analyze the strategy of Burger Shot in the fierce market of Malang and Surabaya. The data of this qualitative descriptive study were collected through interviews and observations and were analyzed using EFE matrix, IFE matrix, CPM matrix, SWOT matrix, IE matrix and QSPM matrix. The results of external environmental analysis show that the company's response to its external environment is above average, but there are some untapped opportunities and serious threats that can disrupt the restaurant’s performance. The internal condition analysis result shows that Burger Shot has strong internal strengths, but there are still weaknesses that become problems and opportunities that must be used to increase its internal strength and cover its weakness. The competition analysis results show that Burger Shot is still below Burger King and Carls Jr. in Surabaya market but above Eat Two - Burger Bar in Malang market. The results of strategy selection analysis show that the appropriate strategy for the restaurant is growing and developing, or intensive strategy, and the recommended strategy is market penetration by implementing marketing strategy in increasing the number of salespeople, increasing the advertising burden, increasing the publication business and utilizing digital marketting trend with social media into an effective strategy and offer a burger shot product sales promotion extensively

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/207/051804597
Uncontrolled Keywords: analisis lingkungan, alternatif strategi, strategi bersaing, environmental analysis, alternative strategy, competitive strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:09
Last Modified: 20 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163614
[thumbnail of ADRIAN LISFIANSYAH.pdf]
Preview
Text
ADRIAN LISFIANSYAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item