Brand Campaign sebagai Positioning Strategy (Analisis Produksi Pesan pada Produk Kecantikan Clean&Clear pada Kampanye #BanggaDenganWarnaKulitmu oleh DDB Indonesia)

Nurfadhila, Marsha Anindita (2018) Brand Campaign sebagai Positioning Strategy (Analisis Produksi Pesan pada Produk Kecantikan Clean&Clear pada Kampanye #BanggaDenganWarnaKulitmu oleh DDB Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang akan berfokus pada sisi pembuat pesan untuk mendapatkan gambaran informasi secara komprehensif mengenai tujuan serta pertimbangan dalam pembentukan pesan kampanye #BanggaDenganWarnaKulitmu untuk mendapatkan tempat dalam benak khalayak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tradisi sosiopsikologis yang memungkinkan peneliti untuk memahami secara detail mengenai tindakan sosial, variabel psikologi, pengaruh individu, sifat dan kepribadian, pengartian dan persepsi (Littlejohn & Foss, 2011, h.52). Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengungkapkan proses produksi pesan kampanye sebagai strategi positioning untuk memperkuat brand. Penelitian ini berfokus pada proses produksi pesan dalam mental pemasar, dalam hal ini adalah Creative Director DDB Indonesia, Rangga Immanuel sebagai brand agency Clean&Clear dan bagaimana proses tersebut dapat mengahasilkan strategi positioning. Penelitian ini menggunakan teori produksi pesan, yaitu Plans and Goals. Plans and Goals mempunyai unit yang lebih spesifik yaitu model Goals-Plans-Action yang dikembangkan oleh James Dillard. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa DDB menggunakan pendekatan simbol kultural brand dalam melakukan strategi positioning-nya. Proses penciptaan strategi positioning untuk membangun brand, merupakan sebuah pesan dalam konteks ilmu komunikasi. Pesan ini diproduksi melalui sistem kognitif komunikator, yaitu Rangga Immanuel selaku creative director serta creative head dalam pembuatan kampanya #BanggaDenganWarnaKulitmu.

English Abstract

This study will focus on the goals and considerations in the formation of messages campaign #BanggaDenganWarnaKulitmu to get a place in the audience minds. This research uses descriptive qualitative research with sociopsychological tradition that allows researchers to understand in detail about social actions, psychological variables, individual influences, character and personality, meaning and perception (Littlejohn & Foss, 2011, p. 52) In this study, researchers wanted to discover the process of producing messages campaign as positioning strategy to strengthen the brand. This research focuses on the message production proces on DDB Indonesia’s Creative Director, Rangga Immanuel as Clean & Clear brand agent and how the process can produce a positioning strategy. This research uses message production theory, Plan and Goals. The Plan and Goals have a more specific unit of the Goals-Plans-Action model developed by James Dillard. The results of this study indicate that DDB uses the brand culture symbol approach in performing its positioning strategy. The process of creating a positioning strategy for brand building is a message in the context of communication science. This message is generated through the cognitive system of communicators, namely Rangga Immanuel as creative director and creative head in the making of his campaign #BanggaDenganWarnaKulitmu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/604/051808014
Uncontrolled Keywords: Brand Campaign, DDB, Produksi Pesan, Strategi Positioning-Brand Campaign, DDB, Message Production, Positioning Strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:41
Last Modified: 11 Mar 2022 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163560
[thumbnail of Marsha Anindita Nurfadhila.pdf]
Preview
Text
Marsha Anindita Nurfadhila.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item