Pengaruh Social Media Instagram Sebagai Metode Pemasaran Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Instagram @Astepbistro)

Wenas, Veshia Virginia (2018) Pengaruh Social Media Instagram Sebagai Metode Pemasaran Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Instagram @Astepbistro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkoordinasikan saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan mengenai perusahaan dan produknya. Dengan melakukan pemasaran melalui Social Media, perusahaan semakin masuk ke dalam segmentasi pasar yang lebih spesifik. Salah satu metode dari Komunikasi Pemasaran Terpadu ialah Social Media. Social Media yang seringkali digunakan untuk melakukan pemasaran ialah Instagram. Instagram memudahkan penggunanya untuk saling bertukar informasi dan pesan, serta berbagi berita baik melalui foto maupun video. Pemasaran melalui Social Media Instagram kini telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk memasarkan produknya. Salah satu perusahaan yang menggunakan Social Media Instagram sebagai metode pemasarannya ialah Astep Bistro & Terrace, sebuah restoran yang berlokasi di Malang yang dijadikan fokus peneliti dalam penelitian ini. Tujuan peneliti ialah menuntuk melihat pengaruh dari Social Media Instagram sebagai metode pemasaran terhadap minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace. Pada penelitian ini indikator yang digunakan dalam mengukur variabel independen yaitu Social Media (X) adalah context, communication, collaboration dan connection. Sedangka variabel dependennya adalah minat beli konsumen (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis data dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa collaboration merupakan indikator Social Media yang paling dominan dan berpengaruh terhadap minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan, Social Media sebagai metode pemasaran memilik pengaruh pada minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace.

English Abstract

Integrated Marketing Communication is a way that is carried out by a company to coordinate communication channels to deliver a clear, consistent, and convincing message to the company and its products. By doing it through Social Media, companies can get into more specific market segments. One of the method of Integrated Marketing Communication is Social Media. Social Media that frequently used nowadays is Instagram. Instagram allows its users to exchange information and messages, and share news through photos and videos. Marketing through Social Media Instagram can now be used by many companies to market their products. One company that uses Social Media Instagram as a method is Astep Bistro & Terrace, a restaurant located in Malang, which writer use as the focus of this research. The purpose of this research was to see the influence of Social Media Instagram as marketing method on consumer purchase intention of Astep Bistro & Terrace. In this research, indicators that used to measure the independent variable Social Media (X) are context, communication, collaboration and connection. While the dependent variable is the consumer purchase intention (Y). The type of this research is quantitative explanative with data collection techniques through online questionnaires and using data analysis techniques and simple linear regression. The results of data settlement research show that collaboration is the most dominant and beneficial indicator of Social Media as marketing method on consumer purchase intention of. Astep Bistro & Terrace. And based on the simultant hypothesist test Social Media as marketing method has an influence on consumer purchase intention of Astep Bistro & Terrace.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/829/051810973
Uncontrolled Keywords: Social Media, IMC, Minat Beli Konsumen, Instagram, Astep Bistro, Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Malang Social Media, IMC, Consumer Purchase Intention, Instagram, Astep Bistro, Marketing, Integrated Marketing Communication, Malang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:02
Last Modified: 22 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163518
[thumbnail of Veshia Virginia Wenas.pdf] Text
Veshia Virginia Wenas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item