Mulyasari, Devi Astuti Ockta (2018) Retorika Visual Dalam Iklan Layanan Masyarakat Rokok Merusak Tubuhmu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Periklanan merupakan salah satu media persuasif, salah satunya iklan televisi yang memiliki kelebihan daripada jenis iklan lainnya karena terdapat unsur narasi, suara dan visual. Salah satu jenis iklan yang mudah diserap adalah Iklan Layanan Masyarakat yang berisi informasi dan mempersuasi penontonkarena dalam Iklan Layanan Masyarakat mengandung gambar dan tanda yang komunikatif sehingga pesan dalam iklan menjadi bermakna seperti Iklan Layanan Masyarakat bertemakan kesehatan milik Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengenai bahaya merokok. Penelitian ini merupakan studi mengenai bagaimana pemaknaan pesan visual dalam iklan layanan masyarakat yang berjudul Rokok Merusak Tubuhmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Iklan Layanan Masyarakat Rokok Merusak Tubuhmu dengan menggunakan kajian retorika visual dalam proses pemaknaan pesan sehingga dapat mempersuasi khalayak.Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode retorika visual untuk menggambarkan studi tentang citra visual dalam tradisi retorika. Pada penelitian ini, subjek dan komponen-komponen lainnya saling berhubungan sehingga dapat menghasilkan makna pesan didalamnya. Dalam menghasilkan makna pesan diperlukan sebuah analisis yang melibatkan gambar. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Hesford dan Brueggemann (dalam Artana, 2014) analisis fotografi melibatkan gambar dalam hal subyek/konten, audiens/konteks, dan perspektif yang disebut sebagai segitiga retoris. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembuat iklan ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia tentang dampak dan bahaya merokok melalui gambar-gambar visual dampak dari merokok dengan tujuan untuk memperingatkan dan menyadarkan masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Penggunaan konsep retorika visual milik Hesford&Brueggeman dapat ditemukan dalam masing-masing gambar dimana terdapat tiga komponen retorika visual yang disebut sebagai segitiga retoris, yaitu subjek (content), contextdan perspective.
English Abstract
Advertising is one of the persuasive media, and one example is the television advertising, which has more advantages compared to other types as it contains the narrative, audio and visual elements. One type of advertising that can be easily digested by the public is the Public Service Announcements as this kind of advertising usually contains highly communicative images and signs that make the message in the ad meaningful, such as the health-themed Public Service Announcement from the Ministry of Health Republic of Indonesia about the dangers of smoking cigarettes. This research is a study on the process of creating significance for the visual message in the public service announcement titled RokokMerusakTubuhmu (Cigarettes Damage your Body). This study aims at analyzing the Public Service Announcement RokokMerusakTubuhmu by utilizing visual rhetoric research in the process of creating significance for the message so that it is able to persuade the public. This study is a qualitative research utilizing visual rhetoric method to describe the study of visual imagery in the rhetoric tradition. In this study, the subject and other components are connected to each other, so that these could evoke meaningful messages within the advertising. In creating such meaningful message, an analysis that includes images is required. This argument is further supported by the statement from Hesford and Brueggemann (in Artana, 2014) in which it is stated that a photographic analysis involves images in terms of subject/content, audience/context and perspective, together called rhetorical triangle. From the analysis performed, it can be concluded that advertisers want to communicate messages to the Indonesian public about the effects and dangers of smoking by means of visual imagery of the effects of smoking, with the purpose of providing warnings and awareness to the public about the dangers that might arise from smoking. The use of visual rhetoric concept by Hesford&Brueggemann was found in each of the pictures in which there are three components of visual rhetoric called as rhetorical triangle, i.e. subject (content), context and perspective.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/564/051806972 |
Uncontrolled Keywords: | retorika visual, iklan layanan masyarakat, bahaya merokok-visual rhetoric, public service announcements, dangers of smoking |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163507 |
Actions (login required)
View Item |