Analisis Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis Pada Wirausaha Berskala Mikro Di Kota Malang

Ghufran, Ahmad Miftah (2014) Analisis Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis Pada Wirausaha Berskala Mikro Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce dalam meningkatkan perkembangan bisnis di Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif studi kasus dengan model penjodohan pola. Penelitian ini menggunakan enam wirausahawan berskala mikro yang menggunakan e-commerce dalam menjalankan usahanya sebagai objek penelitian. Gambaran ini diperoleh melalui wawancara langsung terhadap objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar ecommerce memiliki peran yang dapat membantu para wirausaha berskala mikro meningkatkan perkembahgan bisnisnya. Peran tersebut antara lain peningkatan pendapatan, perluasan pangsa pasar, dan variasi produk. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa para responden tetap menggunakan e-commerce atas peran yang dimiliki tersebut. Bagi wirausaha berskala mikro disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan usaha bisnis dengan menggunakan e-commerce karena ada kekurangan dalam sistem keamanan dan sebaiknya menggunakan jaringan internet yang stabil dalam melakukan kegiatan usaha melalui ecommerce.

English Abstract

The purpose of the study is to analyze the role of e-commerce to improve business development in Malang. The method applied of the study is qualitative analysis of case study method with a pairing pattern model. This study uses six micro scale entrepreneurs who use e-commerce to run its activities as an object of research. The description was obtained by having direct interview of the study. Based on the results, e-commerce has a role that can help micro entrepreneurs improve their business development. The role of e-commerce is to increase revenues, expanding market share, and product variations. The analysis also showed that the respondents continue to use e-commerce cause of the role itself. For micro scale entrepreneurs are advised to be more careful in running business using e-commerce as there are flaws in the security system and should use the stabile internet network to conducting business thorugh e-commerce.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/572/051900735
Uncontrolled Keywords: Peran E-Commerce, Wirausaha Berskala Mikro, Kota Malang, Role of E-Commerce, Micro Scale Entrepreneurs , Malang City.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:10
Last Modified: 20 Oct 2021 09:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163473
[thumbnail of AHMAD MIFTAH GHUFRAN.pdf] Text
AHMAD MIFTAH GHUFRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item