Tanggung Jawab Negara Bendera Kapal Atas Rusaknya Ekosistem Laut Di Perairan Indonesia (Studi Kasus MV Caledonian Sky Menabrak Terumbu Karang Di Raja Ampat)

Hanandrianto, Dimas Eka (2018) Tanggung Jawab Negara Bendera Kapal Atas Rusaknya Ekosistem Laut Di Perairan Indonesia (Studi Kasus MV Caledonian Sky Menabrak Terumbu Karang Di Raja Ampat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai tanggung jawab negara bendera kapal atas rusaknya ekosistem laut di perairan Indonesia pada kasus MV Caledonian Sky menabrak terumbu karang di Raja Ampat sehingga nantinya diperoleh penjelasan siapakah yang bertanggung jawab atas kerusakan ekosistem di perairan pedalaman Raja Ampat dan bagaimana bentuk tanggung jawab pemilik kapal atas kerugian material yang disebabkan oleh kapal MV Caledonian Sky. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan. Sumber bahan hukum diperoleh berupa bahan hukum primer melalui Undang-Undang dan Perjanjian, bahan hukum sekunder melalui studi kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti dan baha hokum tersier. Penulis menggunakan teknik analisis menggunakan metode deskriptif normatif Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pihak yang bertanggungjawab atas kerusakan terumbu karang yang terjadi di Raja Ampat adalah Bahamas & Inggris, serta Bentuk tanggungjawab Inggris dan pemilik kapal atas kerugian materil yang disebabkan oleh kapal MV Caledonian Sky adalah berupa ganti rugi terhadap restorasi dari ekosistem terumbu karang yang rusak oleh kecelakaan tersebut. Hal ini sesuai dengan prinsip 16 Rio Declaration yaitu prinsip polluter pays dan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

English Abstract

This study purposed to analyze regarding the responsibility of the flag state for the ship for the destruction of marine ecosystems in Indonesian waters in the case of MV Caledonian Sky crashing the coral reefs in Raja Ampat, so that later it will be obtained who is responsible for the damage to the ecosystem in the inland waters of Raja Ampat and how is the form of responsibility from the owner of the ship for material loss caused by the vessel MV Caledonian Sky. This type of research uses a legal juridical normative research with a statute approach method. Sources of legal material obtained in the form of primary legal material through the Act and Agreement, secondary law material through library studies relevant to the problems studied and tertiary legal matter. The author uses the analytical technique using normative descriptive method. The results obtained in this study indicate that the party responsible for coral reef damage that occurred in Raja Ampat is Bahamas and English, as well as Form of British responsibility and the owner of the ship for the material loss caused by the ship MV Caledonian Sky is in the form of compensation for the restoration of coral reef ecosystem damaged by the accident. This is in accordance with the principle of 16 Rio Declaration, namely the principle of polluter pays and Statute no. 32 of 2009 on the Protection and Management of the Environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/256/051805205
Uncontrolled Keywords: -ekosistem laut di perairan Indonesia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 578 Natural history of organism and related subjects > 578.7 Organisms characteristic of specific kinds of environments
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jun 2019 08:31
Last Modified: 23 Oct 2021 05:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163198
[thumbnail of Dimas Eka Hanandrianto.pdf]
Preview
Text
Dimas Eka Hanandrianto.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item