Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Celebrity Endorser (Studi Pada Produk “Malang Strudel” Di Kota Malang)

Saput, Okta Firman (2018) Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Celebrity Endorser (Studi Pada Produk “Malang Strudel” Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan celebrity endorser di dalam iklan merupakan bagian dari cara pemasaran untuk mempromosikan suatu produk atau jasa ke para calon konsumennya. Dengan adanya iklan tersebut diharapkan bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh variabel iklan terhadap keputusan pembelian melalui celebrity endorser (studi pada produk “Malang Strudel” di kota Malang). Jenis penelitian ini adalah explanatory reseach yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan untuk masayarakat di kota Malang. Untuk teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel responden sebanyak 50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, (2) Iklan bepengaruh secara langsung terhadap celebrity endorser, (3) celebrity endorser berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, dan (4) iklan berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui celebrity endorser.

English Abstract

The use of celebrity endorser in advertisement is part of marketing to promote a product or service to potential customers. With the advertisement are expected to influenced consumers to make purchasing decisions. This study aims to measure the influence of advertising on purchasing decisions through celebrity endorser (study on product "Malang Strudel" in Malang). The type of this research is explanatory reseach that aims to explain the relationship or influence between variables studied. The process of collecting data using questionnaires intended for the community in the city of Malang. The sampling technique used was purposive sampling, with a sample of 50 respondents. The result of the research shows that (1) the advertisement does not directly influenced purchasing decision, (2) the advertisement directly influenced celebrity endorser, (3) the celebrity endorser directly influenced purchasing decision, and (4) the advertisement indirectly influenced purchasing decision through celebrity endorser.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/465/051809396
Uncontrolled Keywords: Iklan, Keputusan Pembelian, Celebrity Endorser, Advertising, Celebrity Endorser, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:57
Last Modified: 21 Mar 2022 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163045
[thumbnail of OKTA FIRMAN SAPUTRA.pdf] Text
OKTA FIRMAN SAPUTRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item