Pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbasis kompetensi dengan Standar ISO 9001:2015 (Studi di Pengadilan Negeri Malang)

Allabibah, Afifatuz Zakiyah (2018) Pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbasis kompetensi dengan Standar ISO 9001:2015 (Studi di Pengadilan Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia dalam hal ini PNS merupakan elemen utama yang diperlukan untuk menggerakkan pemerintahan. Kualitas PNS saat ini yang dinilai masih rendah dan jauh dari harapan masyarakat membuat pemerintah terus berupaya melakukan pembinaan untuk menjamin pelayanan yang baik. Salah satu standar yang digunakan Pengadilan Negeri Malang untuk menjamin mutu pelayanan adalah ISO. Pengembangan SDM berbasis kompetensi akan selalu dibutuhkan mengingat Standar ISO yang telah didapatkan oleh Pengadilan Negeri Malang menuntut adanya perbaikan kualitas pelayanan dan kebijakan mutu yang telah ditetapkan harus terpenuhi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Pengembangan SDM berbasis kompetensi dengan Standar ISO 9001:2015 dan (2) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan SDM di Pengadilan Negeri Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan SDM yang dilaksanakan Pengadilan Negeri Malang menggunakan metode On The Job dan Off The Job sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa yang belum maksimal. Dalam pelaksanaan diklat yang tersertifikasi hanya diselenggarakan untuk pejabat fungsional dan belum merata untuk seluruh pegawai. Metode pengembangan yang telah dilaksanakan Pengadilan Negeri Malang sudah dapat memenuhi kompetensi Standar ISO yang didapatkan untuk menjamin mutu pelayanan. Terdapat beberapa faktor yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan SDM di Pengadilan Negeri Malang. Faktorfaktor pendukung tersebut adalah motivasi dan tuntutan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat adalah adanya keterbatasan anggaran dan keterbatasan sarana dan prasarana.

English Abstract

Human resources in this case civil servants are the main elements necessary to mobilize the government. The quality of civil servants is currently assessed as low and far from the expectations of society to make the government continues try to coach and ensure good services. One of the standards used Court of Malang to guarantee the quality of services is ISO. Human resource development based on competence will always be needed because the ISO Standard that has been obtained by the Court of Malang demanded to improvement of service quality and quality policy that has been set to be fulfilled. This research uses descriptive research with qualitative approach and limited with two researches focus. Those are (1) Human resource development based on competence with ISO 9001: 2015 Standard and (2) Supporting and inhibiting factors of human resource development in Court of Malang. The data source used are primary data and secondary data, with data collection through interviews, observation, and documentation. The data analysis method used is the analysis data from Miles, Huberman and Saldana. The result of this research indicated that human resource development implemented by Court of Malang using On The Job Method and Off The Job Method has been worked well, although there are still some that haven’t been maximized. In the implementation of the certified training is only organized for functional officials and unven distributed for all employees. The development method that has been implemented by the Court of Malang has been able to fulfill the ISO Standard Competence which is obtained to guarantee the quality of service. There are several factors that become supporting and inhibiting factors in human resource development in Court of Malang. Supporting factors are motivation and environmental demands. While the inhibiting factors are budget constraints and limited facilities and infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/297/051804425
Uncontrolled Keywords: pengembangan SDM, kompetensi, Standar ISO 9001:2015-Human resource development, Competence, ISO 9001:2015 Standard
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:45
Last Modified: 25 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163031
[thumbnail of Afifatuz Zakiyah Allabibah.pdf]
Preview
Text
Afifatuz Zakiyah Allabibah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item