Reformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan (Studi Pada Kantor Kecamatan Blimbing)

-, Mardhatillah (2018) Reformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan (Studi Pada Kantor Kecamatan Blimbing). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas atau pelayanan publik prima ialah pelayanan yang memenuhi standar kualitas pelayanan. standar pelayanan adalah tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan. Berdasarkan Ringkasan Hasil Kepatuhan Pemerintah daerah terhadap pelayanan tahun 2016 yang dilakukan Oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI),Kota Malang masih mempunyai permasalahan pelayanan publik, diantaranya untuk mendapatkan pelayanan publik masyarakat perlu menempuh perjalanan jauh, pelayanan yang berbelit-belit,waktu penyelesaian pelayanan yang tidak jelas,dan memakan biaya. Selain itu masalah yang dihadapi oleh pelayanan publik di Kota Malang ialah masih rendahnya tingkat keterbukaan informasi pejabat pengaduan serta tata cara penyampaian pengaduan, Untuk melakukan perbaikan pelayanan publik di perlukan Reformasi administrasi pelayanan publik. awal bagi percepatan reformasi administrasi adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) yang terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.Adanya berbagai perubahan (Reformasi), Pemerintah Daerah ber-kesempatan untuk mengoptimalkan peran kecamatan dalam rangka untuk membangun akses dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui Program Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui Bagaimana Bentuk Reformasi Administrasi Pelayanan Publik di kecamatan Blimbing, Bagaimana kualitas pelayanan publik Pasca Penerapan PATEN, dan Apa saja yang menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Reformasi Administrasi Pelayanan Publik dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Blimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pnedekatan kualitatif. Fokus Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan bagaimana Bentuk Reformasi Administrasi pelayanan publik melalui Program PATEN (yang mencakup Pelayanan sesudah dan sebelum reformasi), 2. Kualitas pelayanan pasca penerapan program PATEN dapat di analisis melalui Dimensi Kualitas Pelayanan, 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam Reformasi Administrasi Pelayanan Publik dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Blimbing. Hasil penelitian ini ialahReformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Program Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kecamatan Blimbing menunjukkan hal yang baik, dimana dengan adanya Reformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Program Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) menjadikan pelayanan administrasi yang sebelumnya berbelit-belit, memakan banyak waktu menjadi lebih mudah di akses oleh masyarakat. kemudian mengenai dimensidimensi kualitas pelayanan juga menunjukkan hal yang baik, dimana hampir dari semua dimensi ini dijalankan dengan baik oleh kecamatan blimbing walaupun masih harus terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk menciptakan pelayanan yang lebih efektif, efesien cepat dan mudah di akses masyarakat.

English Abstract

Public services quality or excellent public services is a service that meets service quality standards. service standard is a benchmark which are used as guidelines for the implementation of services and reference a judgment of the public service qualities . Based on the Local Government Compliance Outcomes Summary 2016 and conducted by the Ombudsman of the Republic of Indonesia (ORI). Malang still has problems of public service, such as to get public services people need to travel a long way, convoluted service, service completion time is unclear, and costly. In addition, the problems faced by public services in Malang is still the low level of information disclosure the complaint officer and the procedure for the submission of the complaint, To undertake the improvement of public services it is necessary to reform the administration of public services. the beginning for the acceleration of administrative reform is the realization of good governance which focuses on improving the quality of public service The existence of various changes (Reform), Local Government has the opportunity to optimize the role of subdistrict in order to build access and improve service quality through the Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). The purpose of this Research is, to find out how the form of Public Service Administration Reform in Blimbing district, How is the quality of public service Post-Implementation PATEN, and What are the Supporting Factors and Inhibitors in Public Service Administration Reform in improving the Quality of Public Service at Blimbing Sub-district. The method used in this research is descriptive research method with a qualitative approach. The focus of this research is 1. Describe how the Public Service Administration Reform Form through the Program PATEN,2. Quality of service after the implementation of Program PATEN 3. Supporting and inhibiting factors The result of this research is Public Service Administration Reform through Program PATEN in improving Service Quality in Blimbing Subdistrict. show a good thing, where with the Administration Reform Public Service through the Program become more easily accessible by the community. and also show good things although it still has to continue to make improvements to create a more effective service and efficient

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/279/051804407
Uncontrolled Keywords: Reformasi Administrasi, Kantor Kecamatan, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN)-Administrative Reform, Sub-District Office, Public Service, Quality of Service, Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:17
Last Modified: 25 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162805
[thumbnail of Mardhatillah.pdf] Text
Mardhatillah.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (33kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item