Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Togamas Kota Malang (Studi Pada Konsumen Toko Buku Togamas Dieng Kota Malang

Adri, Nurul Huda (2018) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Togamas Kota Malang (Studi Pada Konsumen Toko Buku Togamas Dieng Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang memiliki puluhan perguruan tinggi dan ratusan sekolah. Karena tingginya permintaan untuk buku, hal itu yang membuat banyak bermunculan toko buku di kota Malang. Store atmosphere bisa menjadi salah satu alternatif untuk membedakan toko buku yang satu dengan toko buku yang lainnya, store atmosphere juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen. Salah satu toko buku terbesar di kota Malang adalah Togamas, toko buku Togamas kota Malang mengusung konsep discount store dengan menawarkan harga buku yang lebih murah dari toko buku modern pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere (exterior, interior, store layout, dan display interior) terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Togamas kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode non probality sampling dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunaan untuk menguji instrument pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere (exterior, interior, store layout, interior dispay) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko buku Togamas kota Malang.

English Abstract

Malang city has dozens of colleges and hundreds of schools. This thing makes some bookstore appear in Malang because of the high demand for books. Store atmosphere can be one of the alternatives to distinguish one bookstore with other bookstores. Store atmosphere also can be a factor that can be influenced by the decision of consumer purchased. One of the largest bookstores in Malang is Togamas, this store brings discount concept with offering book price cheaper than another modern bookstore in general. The aim of this research is to determine the influence of store atmosphere (exterior, interior, store layout, and interior display) toward the purchasing decisions at Togamas bookstore in Malang. This research used explanatory type technique with 100 respondents as the sample. Sampling technique conducted in this study using non-probability sampling method by using purposive sampling. The test instrument used to test the instrument in this study is the validity test, reliability test, and the classical assumption test. Data analysis used is multiple linear regression. While the hypothesis test using F test and t-test. The results showed that store atmosphere (exterior, interior, store layout, the interior display has a significant influence on purchasing decisions at Togamas bookstore in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/382/051900844
Uncontrolled Keywords: toko buku, store atmosphere, keputusan pembelian, bookstore, store atmosphere, purchase decisio
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:04
Last Modified: 20 Oct 2021 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162769
[thumbnail of Nurul Huda Adri.pdf]
Preview
Text
Nurul Huda Adri.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item