Inovasi Pelayanan Publik SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo)

Nitta, Eva Alvian (2018) Inovasi Pelayanan Publik SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menciptakan sebuah pelayanan yang baik dan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam pelayanan perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan sebuah inovasi pelayanan di bidang perizinan yaitu pelayanan perizinan online SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis penerapan inovasi pelayanan perizinan online SIJITU, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat sebuah inovasi pelayanan perizinan online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Ponorogo, dengan situs berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo. Sumber data primer berasal dari wawancara dengan pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo serta masyarakat pemohon perizinan. Sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perizinan online SIJITU (Sistem Informasi Perizinan Terpadu) merupakan sebuah bentuk inovasi berbasis e-government dengan memberikan pelayanan dalam kepengurusan perizinan secara online. Perbedaan yang signifikan dari sistem pelayanan yang sebelumnya terletak pada mekanisme pelayanan. Selain itu, dengan adanya SIJITU ini proses administrasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya layanan perizinan online SIJITU ini, memungkinkan akses umum yang lebih transparansi. Beberapa faktor pendukung dari pelayanan perizinan online SIJITU adalah kepemimpinan yang mendukung inovasi, pegawai yang terdidik dan terlatih, inovasi yang mudah digunakan (user friendly), dan budaya organisasi. Sedangkan faktor penghambat dari pelayanan perizinan online SIJITU adalah kurangnya sumber daya aparatur, kurangnya sosialisasi, dan mayoritas masyarakat belum paham teknologi.

English Abstract

To create a good service and to solve existing problems in the provosion of licenses, The Department of Capital Investment and One Stop Integrated Service in the Ponorogo District heald a service innovation in the division of licensing is an online licensing service SIJITU (Integrated Licensing Information System). The purpose of research is to describe and to analysis permissions online service innovation SIJITU, to know, to describe, and to analysis standard online service innovation permissions SIJITU, also to describe and to analysis supports factors and inhibitors an innovation permissions online service. This research uses descriptive research type with a qualitative approach through an interactive analysis model from Miles and Huberman. The research location is in Ponorogo District, with sites located in The Department of Capital Investment and One Stop Integrated Service in the Ponorogo District. Source of primary data coming from interview with staff at The Department of Capital Investment and One Stop Integrated Service in the Ponorogo District and also with the societies as applicant permissions. The sources of secondary data are derived from documents relating to the research topic. The technique of collecting data through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher herself, and some supporting tools such as interview guides, and other tools. The results showed that online licensing service SIJITU (Integrated Licensing Information System) is a form of innovation-based e-government to provide services in the management of online licensing. A significant difference from the previous service system lies in the services mechanism. In addition, with SIJITU administrative process at the The Department of Capital Investment and One Stop Integrated Service in the Ponorogo District become faster and does not require a long time. With this online licensing service SIJITU, allowing public access to more transparancy. Some of the supporting factors of online licensing service SIJITU is leadership that support innovation, employees are educated and trained, innovation is easy to use (user friendly) and organizational culture. While the inhibiting factor of online licensing services SIJITU is the lack of personnel resources, lack of socialization, and the majority of people do not understand the technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/491/051807128
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan Online- innovation, public services, Online Licensing Services
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:20
Last Modified: 25 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162698
[thumbnail of Eva Alvian Nitta.pdf]
Preview
Text
Eva Alvian Nitta.pdf

Download (39MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item