Rekayasa Bukaan Ventilasi Alami Untuk Meningkatkan Kenyamanan Termal Pondok Pesantren Darul Hikam di Mojokerto

Utomo N.S.N, Yusuf (2018) Rekayasa Bukaan Ventilasi Alami Untuk Meningkatkan Kenyamanan Termal Pondok Pesantren Darul Hikam di Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pondok Pesantren Darul Hikam yang terletak di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Pondok pesantren Darul hikam merupakan salah satu pondok yang berdampak pada meningkatnya jumlah pendaftar santri sehingga ruang-ruang pondok harus dapat memberikan kenyamanan kepada para santri dan ustadznya. Pondok Pesantren sendiri kurang memadai dalam hal kenyamanan termal bangunan. Penghawaan pada ruang kelas dan asrama menggunakan penghawaan alami, sehingga dibutuhkan bukaan yang baik agar bisa mengalirkan udara dengan baik. Ruang kelas digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar selama ± 9 jam dan asrama digunakan untuk kegiatan santri selama 24 jam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Data temperatur ruang dalam kelas dan asrama diambil menggunakan alat termometer dan anemometer dan disimulasikan dengan software Ecotect Analysis 2011. Variabel bebas yang diteliti yaitu bukaan meliputi posisi, dimensi, jenis bukaan. Sedangkan variabel terikat yaitu data temperatur ruang kelas. Standar temperatur ruang dalam adalah 25 C – 27 C. setelah dilakukan rekayasa terhadap bukaan di setiap ruang kelas dan asrama yang meliputi perubahan dimensi, jenis, dan posisi bukaan temperatur ruang dalam yang didapat adalah 29 C. dari hasil tersebut didapat bahwa dengan melakukan perubahan terhadap bukaan ruang kelas dan asrama masih dapat meningkatkan kinerja bukaan 13.8%. Pada umumnya penelitian dilakukan bertujuan untuk pembuktian, dan pembenaran demi mendapatkan informasi tentang keragu-raguan peneliti terhadap salah satu teori dengan keadaan sebenarnya. Dalam penjabaran yang sedang dihadapi, Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif dengan metode eksperimental. Pendekatan deskriptif evaluatif digunakan dalam penelitian awal untuk menghimpun dan memaparkan data tentang kondisi eksisting, kemudian dilakukan simulasi xvii eksperimental menggunakan software ecotect analisys 2011 untuk menganalisis rekomendasi desain. Dari hasil pengukuran lapangan dan simulasi menggunakan Ecotect Analysis didapat bahwa temperatur ruang dalam asrama dan kelas tidak memenuhi standart SNI. Berdasarkan hasil pengukuran dan simulasi dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a. Bukaan jendela dengan tipe jendela gantung serta ventilasi yang dimiliki oleh ruang kelas dan asrama memiliki kinerja yang kurang optimal serta belum memenuhi standar. Hal ini dapat dilihat dari luas bukaan jendela dan bukaan ventilasi yang kurang memenuhi standar sehingga pergerakan udara di dalam ruangan tidak dapat dimaksimalkan. Setelah dilakukan proses simulasi rekomendasi dengan mengganti tipe bukaan inlet dan outlet serta mengubah dimensi bukaan didapatkan hasil pegingkatan kinerja serta menyeimbangkan kondisi temperatur udara dalam ruangan agar kenyamanan termal tetap terjaga b. Hasil rekomendasi desain terpilih akan diterapkan pada seluruh lantai. Melihat hasil pengukuran awal yang dilakukan pada 3 ruang kelas SMP, 3 ruang kelas SMA, 2 asrama SMP, dan 2 asrama SMA yang menunjukan kondisi udara belum memenuhi keriteria kenyamanan termal. Dengan menggunakan proses desain metode eksperimntal ditemukan beberapa rekomendasi desain bukaan yang dapat mengoptimalkan penghawaan alami pada bangunan kelas dan asrama, yaitu: Hasil rekomendasi menunjukan bahwa bengunan kelas dan asrama masih bisa mengoptimalkan penghawaan alami sebesar 13.8%. Agar tidak memakan biaya tambahan untuk alat penghawaan buatan yang relative besar dan penghawaan yang sesuai standar pada pagi, siang, dan sore hari, terutama pada saat kegiatan belajar mengajar.

English Abstract

Darul Hikam Islamic Boarding School located in Mojokerto Regency, East Java Province. Darul Hikam Islamic Boarding School is one of the huts which has an impact on the increasing number of student applicants so that the halls of the huts must be able to provide comfort to the student and their religious teachers. Islamic boarding schools themselves are inadequate in terms of the thermal comfort of the building. Appreciation in classrooms and dormitories uses natural ventilation, so good openings are needed so that air can flow properly. Classrooms are used for teaching and learning activities for ± 9 hours and dormitories are used for student activities for 24 hours. This study uses an experimental method with an evaluative descriptive approach. Room temperature data in class and dormitory were taken using a thermometer and anemometer and simulated with the Ecotect Analysis 2011 software. The independent variables studied were openings covering the position, dimensions, type of openings. While the dependent variable is the class temperature data. The standard indoor temperature is 25 C - 27 C. after engineering of openings in each classroom and dormitory which includes changes in dimensions, types, and positions of openings in the inside room temperature obtained is 29 C. from these results it was found that by making changes to the classroom and dormitory openings it could still improve the performance of openings by 13.8%. In general, research is carried out aimed at verification, and justification in order to obtain information about the researchers' doubts about one theory with the actual situation. In the translation that is being faced, the research method used is to use an evaluative descriptive approach with the experimental method. An evaluative descriptive approach was used in the initial research to collect and present data about the existing conditions, then an experimental simulation was carried out using Ecotect Analysis 2011 software to analyze design recommendations. From the results of field measurements and simulations using Ecotect Analysis, it was found that the room temperature in the dormitory and class did not meet SNI standards. Based on the results of measurements and simulations, conclusions can be drawn as follows: a. Window openings with hanging window type and ventilation owned by classrooms and dormitories have less than optimal performance and do not meet standards. This can be seen from the wide window openings and ventilation openings that do not meet the standards so that air movement in the room cannot be maximized. After the recommendation simulation process is done by changing the type of inlet and outlet openings and changing the dimensions of the openings the results of performance enhancements are obtained and balancing the indoor air temperature conditions so that thermal comfort is maintained b. The results of selected design recommendations will be applied to the entire floor. Seeing the results of the initial measurements carried out in 3 junior high school classrooms, 3 high school classrooms, 2 junior high school dormitories, and 2 high school dormitories which showed that the air condition did not meet the thermal comfort criteria. By using the experimental method design process there are several recommendations for openings design that can optimize natural airing in classrooms and dormitories, namely: The results of the recommendations show that classrooms and dormitories can still optimize natural exposure by 13.8%. In order not to incur additional costs for a relatively large artificial aerial device and suitable standard breathing in the morning, afternoon and evening, especially during teaching and learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1169/051900119
Uncontrolled Keywords: Ventilasi, Bukaan, Termal, Bangunan, Pondok Pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 697 Heating, ventilating, air-conditioning engineering > 697.9 Ventilation and air conditioning; heating, ventilation, air-conditioning in specific kinds of buildings > 697.92 Ventilation
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:20
Last Modified: 28 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162676
[thumbnail of Yusuf Utomo N.S.N.pdf]
Preview
Text
Yusuf Utomo N.S.N.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item