Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame Di Kota Malang,

Fauzi, Azizah Ria Risti (2018) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame Di Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti mengenai implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Malang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Malang. Masalah yang terjadi terkait dengan penyelenggaraan reklame di kota malang yaitu lokasi penempatan yang salah, banyak reklame yang sudah habis masa tayang namun masih belum dibongkar, serta kurangnya sumber daya manusia di perangkat daerah Satpol PP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif dalam analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Malang sudah cukup optimal, hanya saja kebutuhan sumber daya manusia pada salah satu Organisasi Perangkat Daerah yaitu Satpol PP kurang memadai. Tidak hanya itu, adanya biro jasa dalam perizinan dan pemasangan reklame menambah pelanggaran yang terjadi. Adapun faktor pendukung dalam implementasi kebijakan Perda Nomor 4 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame yaitu komunikasi yang baik oleh seluruh aktor, disposisi dan komitmen yang dilakukan sungguh-sungguh oleh seluruh aktor yang bersangkutan dan struktur birokrasi serta pembagian tugas yang baik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu mengadakan pendataan dan pengawasan secara rutin untuk meminimalisir adanya pelanggaran reklame di Kota Malang, penambahan jumlah sumber daya manusia di bagian Satpol PP dalam penertiban reklame. Dengan begitu tenaga outsourcing bisa menjadi pilihan untuk menambah tenaga kerja karena saat ini ada moratorium PNS serta mengurangi pemakaian orang ketiga baik dalam perizinan maupun pemasangan reklame.

English Abstract

This research is motivated by the observation of researchers on the implementation of policy of Local Regulation Number 4 of 2006 on the Implementation of Advertising in Malang. The Local Regulation governs matters relating to the administration of advertisements such as installation locations based on strategic values, advertisable advertisement standards, licensing provisions, advertisement taxes, prohibitions, closures and demolitions, maintenance and maintenance, supervision and inspection, sanctions, criminal provisions, investigation and transitional provisions. The formulation of the problem in this research is how the implementation of Local Regulation Number 4 of 2006 on the Implementation of Advertising in Malang City and what are the supporting and inhibiting factors in the implementation of policy of Local Regulation Number 4 of 2006 on the Implementation of Advertising in Malang City. The research method used is descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Data analysis used is interactive analysis model in data analysis according to Miles and Huberman is data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that the Implementation of policy of Local Regulation Number 4 of 2006 on the Implementation of Advertising in Malang City is optimal enough, it's just the need of human resources in one of the Regional Devices Organization that is less Satpol PP. Not only that, the existence of a service bureau in licensing and installation of advertisements add to the violations that occurred. The supporting factors in the implementation of the policy of Regulation No. 4 of 2006 on the Implementation of Advertising is good communication by all actors, dispositions and commitments made solemnly by all the relevant actors and bureaucratic structure and good division of tasks. Suggestions that can be given by the researcher is conducting data collection and supervision routinely to minimize the existence of violation of advertisement in Malang City, the addition of human resources amount in Satpol PP part in order of advertisement. With so power outsourcing can be an option to increase workforce because currently there is a moratorium on civil servants and reduce the use of third persons both in licensing and installing billboards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/856/051810102
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peraturan Daerah, Reklame-Implementation, Local Regulation, Advertising
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising > 659.13 Kinds of advertising and advertising in specific media > 659.134 Advertising by location of media > 659.134 2 Outdoor advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:51
Last Modified: 25 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162538
[thumbnail of Azizah Ria Risti Fauzi.pdf]
Preview
Text
Azizah Ria Risti Fauzi.pdf

Download (30MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item