Peranan Analisis Jabatan Dalam Penempatan Pegawai” (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)

Januandari, Erry (2018) Peranan Analisis Jabatan Dalam Penempatan Pegawai” (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis jabatan KPP Pratama Batu digunakan sebagai pedoman dalam penempatan pegawai.. KPP Pratama Batu memiliki ciri dan karakteristik khusus yang berbeda dengan KPP Pratama pada umumnya. Analisis jabatan tidak bisa berperan secara optimal karena terdapat beberapa uraian jabatan yang tidak sesuai. Perubahan tugas dan wewenang tidak diikuti dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi pegawai yang menjabat, sehingga tidak memenuhi prinsip “the right man on the right place” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan analisis jabatan dalam penempatan pegawai KPP Pratama Batu beserta faktor penghambat analisis jabatan berperan dalam proses penempatan pegawai KPP Pratama Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data kualitatif model interaktif (Miles, Huberman dan Saldana, 2014). Berdasarkan hasil penelitian, analisis jabatan telah berperan dalam penempatan pegawai KPP Pratama Batu meskipun masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian uraian jabatan dengan pekerjaan yang diemban akan tetapi terdapat perubahan nama jabatan Subbagian Umum menjadi Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal yang berakibat pada berubahnya tugas dan wewenang pada beberapa jabatan. Dalam penempatan pegawai, KPP Pratama Batu sudah berpedoman pada spesifikasi jabatan yang merupakan bagian dari analisis jabatan. Terdapat faktor penghambat yakni perubahan tugas dan wewenang yang tidak diikuti perubahan uraian jabatan sehingga pegawai yang saat ini menjabat belum memiliki pengetahuan dan kompetensi untuk mengelola Kepatuhan Internal. Selain itu, analisis jabatan yang ada terlalu umum sedangkan setiap KPP Pratama di Indonesia memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda sehingga dibutuhkan pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan dan kompetensi yang sesuai dengan karakteristik tersebut. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah perlu adanya perbaikan dan peningkatan kualitas koordinasi antara KPP Pratama Batu dan Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jatim III agar penempatan pegawai berdasarkan analisis jabatan yang sesuai dengan ciri khas dan karakteristik khusus daerah wewenang Wajib Pajak Kota Batu.

English Abstract

Job analysis of Tax Office Batu is used as a guide in the placement of employees. KPP Pratama Batu has special characteristics that are different from Tax Office Batu in general. Job analysis can not play an optimal role because there are some inappropriate job description. The change of duties and authority is not followed by the educational background and competence of the officers in charge, thus not fulfilling the principle of "the right man on the right place". This study aims to describe and analyze how the role of job analysis in the placement of Tax Office Batu employees along with inhibiting factors of job analysis plays a role in the process of placing Tax Office Batu employees. The research method used is qualitative method with descriptive approach. With data collection techniques through interviews, observation, and documentation and using qualitative data analysis of interactive models (Miles, Huberman dan Saldana, 2014). Based on the results of research, job analysis has been instrumental in the placement of Tax Office Batu employees though still not optimal. This can be seen from the suitability of the job description with the work carried out but there is a change of name of the position of General Sub-Section into General Sub-Section and Internal Compliance which resulted in the change of duties and authority in several positions. In the placement of employees, Tax Office Batu has been guided by the job specification that is part of the job analysis. There is an inhibiting factor which changes the duty and authority that is not followed by changes in the job descriptions so that an employee who currently serves as yet have the knowledge and competence to manage the Internal Compliance. In addition, the job analysis was too general, while each of the Tax Office in Indonesia have different features and characteristics that needs employees who have the educational background and competence in accordance with these characteristics. Recommendations from this research is the need for quality improvement of coordination between Tax Office of Batu and the Ministry of Finance through the Regional Office of Directorate General of Taxes Java III that the placement of employees based on job analysis in accordance with the distinctive features and special characteristics of local authority tax payer in Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/592/051808340
Uncontrolled Keywords: Peran analisis jabatan, penempatan pegawai-The role of job analysis, employee placement
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:43
Last Modified: 25 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162387
[thumbnail of Erry Januandari.pdf]
Preview
Text
Erry Januandari.pdf

Download (46MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item