Pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional dan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian (Survei online pada konsumen wanita muslim yang membeli produk Sunsilk Hijab di Kota Malang).

Fajriani, Hani (2018) Pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional dan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian (Survei online pada konsumen wanita muslim yang membeli produk Sunsilk Hijab di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional terhadap Keputusan Pembelian. 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian. 3) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional dan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei online yang disebarkan ke Kota Malang melalui media sosial sebanyak 116 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Iklan Rasional (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.579 dan tingkat signifikansi t sebesar 0.002 (0.002 < α = 0.05) variabel Daya Tarik Iklan Emosional (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.835 dan tingkat signifikansi t sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05) variabel Daya Tarik Iklan Rasional (X1) dan Daya Tarik Iklan Emosional (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Sunsilk Hijab melakukan evaluasi terhadap iklan yang diproduksinya, serta menggunakan bintang iklan yang memiliki tingkat kepercayaan publik yang tinggi karena mempengaruhi daya tarik iklan rasional pada iklan.

English Abstract

This study aims to determine, 1) to know and explain the influence of rational advertisement appeal on purchasing decisions. 2) To know and explain the influence of emotional advertisement appeal on purchasing decisions. 3) To know and explain the influence of rational advertisement appeal and emotional advertisement appeal on purchasing decisions. The type of research used is explanatory research with purposive sampling technique. Data collection methods used online survey distributed to Malang City through social media towards 116 respondents. Data analysis technique used for this research is descriptive analysis and linear regression analysis. The results of this research showed that the Rational Appeal on Advertisement variable (X1) has significant effect on Purchasing Decision (Y) with beta coefficient value of 0.579 and probability t value is 0.002 (0.002 < α = 0.05). The Emotional Appeal on Advertisement variable (X2) has significant effect on purchasing decision (Y) with beta coefficient value of 0.835 and probability t value is 0.000 (0.000 < α = 0.05). Rational Appeal on Advertisement variable (X1) and Emotional Appeal on Advertisement variable (X2) has significant effect on purchasing decision (Y) with probability level of 0.000 (0.000 < α = 0.05). Based on the result of this research, Sunsilk Hijab should evaluate the advertisement and use commercial star who had high level of public trust because it affects the attractiveness of rational appeal to the advertisement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/642/051808428
Uncontrolled Keywords: Daya tarik Iklan Rasional, Daya Tarik Iklan Emosional, Keputusan Pembelian-Rational Appeal on Advertisement, Emotional Appeal on Advertisement, and Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:44
Last Modified: 25 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162364
[thumbnail of Hani Fajriani.pdf]
Preview
Text
Hani Fajriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item