Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan tetap di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Malang Divisi Mobile Marketing Syariah)

Pranata, Okky Sandy (2018) Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan tetap di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Malang Divisi Mobile Marketing Syariah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja yang berupa hasil kerja merupakan pencapaian karyawan terhadap pekerjaanya yang terdiri dari kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, kehadiran maupun kemampuan kerjasama baik antar atasan maupun karyawan. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh kompetensi yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, sikap, dan profesionalisme serta pelatihan yang memiliki komponen berupa instruktur pelatihan, peserta pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan dan tujuan pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh signifikan antara Pelatihan kerja (X) terhadap Kompetensi karyawan (Z), pengaruh signifikan antara pelatihan (X) terhadap kinerja karyawan (Y), serta pengaruh signifikan kompetensi (Z) terhadap kinerja karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu explanatory research, dengan populasi 49 karyawan tetap PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Malang Divisi Mobile Marketing Syariah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows ver 20.00 Berdasarkan hasil analisis jalur dapat diketahui bahwa pelatihan kerja (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan (Z) dengan koefisien beta sebesar 0,651 dengan nilai probabilitas 0,000. Pelatihan kerja (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan besarnya koefisien beta sebesar 0,493 dengan nilai probabilitas 0,000. Kompetensi karyawan (Z) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan besarnya koefisien beta sebesar 0,359 dengan nilai probabilitas 0,005. Pelatihan kerja (X) mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap Kinerja Karyawan (Y) melalui Kompetensi karyawan (Z). Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Indirect Effect yang bernilai 0,233 dan total pengaruh (Total Effect) Pelatihan kerja (X) terhadap Kinerja Karyawan (Y) melalui Kompetensi karyawan (Z) sebesar 0,726. Saran yang diberikan yaitu PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Divisi Mobile Marketing Syariah dalam meningkatkan kinerja lebih memperhatikan pelaksanaan pelatihan kerja dengan menyesuaikan metode pelatihan yang akan digunakan sesuai kebutuhan, meningkatkan kompetensi karyawan dengan memperbaiki profesionalisme karyawan agar mampu bekerja sesuai dengan standar profesi, serta memperbaiki kemampuan kerjasama dalam bekerja dan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara berkala.

English Abstract

Performance in the form of the work is the achievement of employees to work that consists of quantity, quality, timeliness, attendance and the ability of good cooperation between employers and employees. Employee performance can be influenced by competencies consisting of knowledge, skills, attitudes, and professionalism as well as training that has components such as training instructors, training participants, training materials, training methods and training purpose. The purpose of this research is to explain the significant influence between job training (X) on employee competence (Z), significant influence between training (X) on employee performance (Y), and significant influence of competence (Z) on employee performance (Y). This research use quantitative research method that is explanatory research, with population 49 permanent employees PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Malang Division of Mobile Marketing Syariah with sampling technique is saturated sample. Data analysis used by path analysis by using computer program SPSS for Windows ver 20.00. Based on the results of path analysis can be seen that training (X) has a significant influence on employee competence (Z) with a beta coefficient of 0.651 with a probability value of 0.000. Training (X) has a significant influence on employee performance (Y) with beta coefficient of 0,493 with probability value 0,000. Employee competence (Z) has a significant influence on employee performance (Y) with the magnitude of beta coefficient of 0.359 with a probability value of 0.005. Training (X) has an indirect effect on Employee Performance (Y) through Employee Competence (Z). This is proved by the result of calculation of Indirect Effect which is worth 0,233 and total influence (Total Effect) Training (X) on Employee Performance (Y) through Employee Competence (Z) equal to 0,726. The advice given is PT Bank Tabungan Pensiunan Syariah Mobile Marketing Syariah Division in improving the performance need more attention to the implementation of training by adjusting the training method that will be used as needed, improving the competence of employees by improving the professionalism of employees to be able to work in accordance with professional job standards, cooperation in working and performing periodic employee performance evaluation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/692/051808747
Uncontrolled Keywords: Hasil penelitian, Pelatihan, Kompetensi, Kinerja Karyawan.-Training, Competence, Employee Performance.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 4 Education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:48
Last Modified: 25 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162292
[thumbnail of Okky Sandy Pranata.pdf]
Preview
Text
Okky Sandy Pranata.pdf

Download (37MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item