Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Produk Makobu Cake Kota Malang)

Trisyahputra,, Bentarro (2018) Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Produk Makobu Cake Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menjelaskan secara simultan pengaruh Brand Image yang terdiri dari variabel-variabel Citra Pembuat, Citra Pemakai, Citra Produk dan Celebrity Endorser yang terdiri dari variabel Kredibilitas Selebriti, Daya Tarik Selebriti, Kecocokan Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 2) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Citra Pembuat terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 3) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Citra Pemakai terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kredibilitas Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 5) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Daya Tarik selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; dan 6) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Kecocokan Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tujuh, yaitu Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), Kecocokan Selebriti (X6), dan Struktur Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara offline pada Konsumen yang Pernah Membeli Produk Makobu Cake dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk Makobu Cake, memiliki batasan usia minimal 17 tahun, serta mengetahui Celebrity Endorser yang mempromosikan produk Makobu Cake. Sampel yang digunakan dalam ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), dan Kecocokan Selebriti (X6) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kemudian variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), dan Kecocokan Selebriti (X6), masing-masing berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Makobu Cake meningkatkan Brand Image dan mengoptimalkan Celebrity Endorser untuk kegiatan periklanan agar memperkuat keputusan pembelian produk.

English Abstract

This research aims to explain : 1) The Influence simultaneously of Brand Image consisting of the variables Corporate Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3) and Celebrity Endorser consisting of Celebrity Credibility (X4), Celebrity Attractiveness (X5), Celebrity Suitability (X6) simultaneously on Purchase Decision Structure (Y); 2) The influence of Corporate Image (X1) partially on Purchase Decision Structure (Y); 3) The influence of User Image (X2) partially on Purchase Decision Structure (Y); 4) The influence of Celebrity Credibility (X4)partially on Purchase Decision Structure (Y); 5) The influence of variable Celebrity attractiveness (X5) partially on Purchase Decision Structure (Y); and 6) The influence of Celebrity Suitability (X6) partially on Purchase Decision Structure (Y). This research use explanatory research with quantitative approach. The are variables used in this research : Corporate Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3), Celebrity Credibility (X4), Celebrity Attractiveness (X5), Celebrity Suitability (X6), and Purchase Decision Structure (Y). The collection of data was obtained through an offline questionnaire distribution on Consumers who Purchased Makobu Cake Products with the criteria of ever purchasing Makobu Cake products, having a minimum age limit of 17 years, as well as knowing the Celebrity Endorser promoting Makobu Cake products. The sample used in this research is 116 respondents. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The data analysis use descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results in this research showed that Corporate Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3), Celebrity Credibility (X4), Celebrity Attractiveness (X5), and Celebrity Suitability (X6) influence simultaneously and significantly to Decision Structure Purchase (Y). Then the Corporate Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3), Celebrity Credibility (X4), Celebrity Attractiveness (X5), and Celebrity Suitability (X6), each influential partially and significantly to Purchase Decision Structure (Y), based on the results of this research, Makobu Cake should enhance Brand Image and optimize Celebrity Endorser for advertising activities in order to strengthen product purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/806/051809573
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian- Brand Image, Celebrity Endorser, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:49
Last Modified: 23 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162104
[thumbnail of Bentarro Trisyahputra.pdf]
Preview
Text
Bentarro Trisyahputra.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item