Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Ukm Omah Jenang Kelapa Sari Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar)

Rosidah, Elfi (2018) Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Ukm Omah Jenang Kelapa Sari Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang besar dalam perekonomian nasional. Menurut Dinas Koperasi Jawa Timur, peran nyata UMKM diantaranya adalah mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang ada dengan pengolahan sederhana, serta dapat mendorong adanya pengembangan dan inovasi teknologi. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2017, kontribusi UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen tahun 2012 menjadi 60,34 persen tahun 2016. Omah Jenang Kelapa Sari merupakan salah satu UKM yang memproduksi jenang. Jenang olahan Omah Jenang Kelapa Sari memiliki beberapa keunggulan, diantaranya jenang masih mempertahankan proses produksi dengan cara tradisional, serta sistem pengolahan yang masih menggunakan tenaga manusia. Proses produksi dengan cara tradisional ini dapat memberikan cita rasa tersendiri terhadap produk jenang. Keunggulan lainnya yaitu jenang Kelapa Sari menyediakan berbagai jenis kemasan, seperti kemasan mika, kobot, keranjang dan anyaman bambu dengan berbagai ukuran. Fokus dari penelitian ini adalah produk pangan olahan yang masih bersifat tradisional, yakni jenang. Hal ini dipilih, karena saat ini diantara banyaknya produk pangan modern yang ada, maka minat masyarakat terhadap pangan tradisional menarik untuk diteliti. Selain itu, UKM Omah Jenang Kelapa Sari dipilih menjadi lokasi penelitian karena Omah Jenang Kelapa Sari merupakan pioneer atau perusahaan yang pertama kali memproduksi jenang tradisional untuk dipasarkan. Hal ini sedikit bertentangan dengan karakter produk yang merupakan produk pangan musiman atau yang tersedia hanya pada waktu tertentu, seperti pada musim hajatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk jenang Kelapa Sari. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk jenang Kelapa Sari. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing faktor tersebut yang kurang dari 0,05. Nilai koefisien regresi faktor citra perusahaan sebesar 0,265, sedangkan variabel citra pemakai memiliki koefisien sebesar 0,352, dan citra produk memiliki koefisien sebesar 0,216. Hal ini dapat diartikan, bahwa apabila citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk ditingkatkan, maka loyalitas pelanggan dapat meningkat sebesar angka koefisien regresi yang disumbangkan oleh masing-masing faktor tersebut

English Abstract

Micro, small and medium enterprises (MSMEs) have a large role in the national economy. According to the East Java Cooperative Service, the real role of MSMEs is that they are able to provide employment for the community, can utilize existing local resources with simple processing, and can encourage the development and technological innovation. Based on data from the Indonesian Ministry of Industry in 2017, the contribution of MSMEs to GDP increased from 57,84 percent in 2012 to 60,34 percent in 2016. Omah Jenang Kelapa Sari is one of the SMEs that produce jenang. Processed Omah Jenang Kelapa Sari has several advantages, including jenang still maintaining production in the traditional way, as well as the processing system still using human power. The production process in this traditional way can give its own taste to jenang products. Another advantage is that jenang Kelapa Sari provides various types of packaging, such as packaging mica, packaging baskets, cowboys and bamboo woven with various sizes. The focus of this research is processed food products that are still traditional, namely jenang. This was chosen, because currently among the many modern food products available, the public interest in traditional food is interesting to study. In addition, Omah Jenang Kelapa Sari was chosen as the location of the study because the company was the first company to produce traditional jenang to be marketed. This is a bit contrary to the character of a product which is a seasonal food product or that is available only at certain times such as in the celebration season. This study aims to analyze the influence of brand image components on customer loyalty of jenang products. Then, analyze the influence of each component of brand image on customer loyalty of jenang the Kelapa Sari product. This research uses descriptive analysis method and quantitative analysis with multiple linear regression. The results of the study show that the company’s image factor, user image, and product image have partial and simultaneous influence on customer loyalty. This is indicated by the significance value of each of these factors which is less than 0,05. The regression coefficient value of the company image factor of 0,165, while the user image has a coefficient of 0,352 and the product image has a coefficient of 0,216. It can be interpreted that if the company image, user image, and product image are improved, then customer loyalty can increase by the number of regression coefficients contributed by each of these factors

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/905/051811623
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Loyalitas Pelanggan, Brand image, Costumer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:19
Last Modified: 20 Oct 2021 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161992
[thumbnail of ELFI ROSIDAH.pdf]
Preview
Text
ELFI ROSIDAH.pdf

Download (29MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item