Pengaruh Country of Origin terhadap Perspsi Kualitas serta Dampaknya terhadap Minat Beli Sepatu Wakai (Survei Online Pada Masyarakat Kuala Lumpur Malaysia)

Izzuddien, Syihab Izzuddien (2018) Pengaruh Country of Origin terhadap Perspsi Kualitas serta Dampaknya terhadap Minat Beli Sepatu Wakai (Survei Online Pada Masyarakat Kuala Lumpur Malaysia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknik pemasaran kreatif adalah suatu keharusan di masa modern ini. Sifat dinamis pasar menuntut pelaku bisnis meracik cara memasarkan brand dengan kemasan yang menarik dan mempunyai kesan yang kuat sehingga identitas brand selalu tersangkut di benak konsumen. Banyak cara untuk membentuk persepsi positif dalam benak konsumen tentang brand, salah satunya adalah dengan membuat konsumen berpikir bahwa brand yang terkait berasal dari negara yang bergengsi atau dianggap prestige. Dengan begitu, persepsi positif dalam benak konsumen akan terbentuk karena brand diasosiasikan dengan negara asal yang diusung. Pemasaran pun akan lebih mudah dilakukan, baik di dalam negeri, maupun di luar negeri, dimana negara asal sebenarnya brand yang terkait mempunyai hubungan yang buruk dengan negata tujuan pemasaran.. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) Country of Origin terhadap Persepsi Kualitas, (2) pengaruh Country of Origin terhadap Minat Beli , (3) pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang digunakan adalah Country of Origin Mouth, Persepsi Kualitas, dan Minat Belu. Populasi dari penelitian adalah warga negara Malaysia yang berusia 17 tahun hingga 24 tahun, dan mengetahui produk Wakai. Sampel yang digunakan sejumlah 116 responden yang diperoleh dari menggunakan rumus Machin dan Champbell. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner yang disebar melalui Google Form agar memudahkan untuk diakses oleh setiap orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel Country of Origin (X) memiliki pengaruh terhadap Persepsi Kualitas (Z) dan Minat Beli (Y) serta Persepsi Kualitas (Z) memiliki pengaruh terhadap Minat Beli (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan perusahaan sebaiknya dapat mempertimbangkan strategi pemasaran dengan melakukan co-branding dengan perusahaan atau brand dari Jepang sehingga menguatkan fondasi brand Wakai sendiri sebagai brand yang mengusung tema Jepang

English Abstract

The advancement of technology simplifies people’s life, one of the advantages is easier access to information via internet. Any kind of information can be retrieved from the internet, such as of a product or a type of service. A consumer who would like to buy a product is advised to look for some prior information to avoid making mistakes when purchasing. The information of a product’s up side and down side can be obtained from a source that may influence the motivation of the purchase. This research aims to examine the influence of (1) Country of Origin on Perceived Quality, (2) Country of Origin on Purchase Intention, (3) and the effect of Perceived Quality on Purchase Intention. This quantitative research uses explanatory method, with the variables of Country of Origin, Perceived Quality, and Purchase Intention. The population of the research are Malaysian citizen respondent aged 17-24 years old, who has prior knowledge about Wakai. The research uses 116 respondentsas the sample, employing the formula by Machin and Champbell.The data collection is done using a questionnaire, given out via Google Form to simplify the access for everyone. This research uses descriptive data and path analyses. The result of path analysis shows that the effect of the variable of Country of Origin (X) is significant on Perceived Quality (Z) and Purchase Intention (Y) and the effect of Source Perceived Quality (Z) is significant on Purchase Intention (Y). Based on the result of research, companies are expected to do a co-branding with Japanese firm or brand to strengthen Wakai foundation as a Japanese themed brand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/985/051811303
Uncontrolled Keywords: Country of Origin, Perspsi Kualitas, Minat Beli, Sepatu Wakai, Pemasaran Kreatif (Survei Online Pada Masyarakat Kuala Lumpur Malaysia)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:54
Last Modified: 25 Oct 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161948
[thumbnail of Syihab Izzuddien.pdf]
Preview
Text
Syihab Izzuddien.pdf

Download (46MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item