Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Malang (Studi pada Pedagang Kaki Lima di Depan Stasiun Kota Baru Malang)

Wijanarko, Dhimas Bagus (2017) Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Malang (Studi pada Pedagang Kaki Lima di Depan Stasiun Kota Baru Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi kebijakan pada prinsipnya merupakan sebuah cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuannya, tidak lebih dan kurang. Aktor dan pelaku pembuat kebijakan adalah siapa saja yang terlibat dalam proses implementasi kebijakan publik dan dengan cara apa kebijakan publik dapat dipengaruhi. Dalam hal ini aktor pembuat kebijakan publik dapat dibagi menjadi dua yaitu pejabat pembuat kebijakan dan partisipan non pemerintahan. Dalam hal ini yang bertindak sebagai aktor dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja mempunyai tugas dan fungsi secara mandiri oleh daerah masing – masing. Satpol PP mempunyai misi strategis dalam membantu kepala daerah dalam hal ini walikota untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tentram, tertib, dan teratur sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatan dengan aman. Keberadaan pedagang kaki lima sangat mengganggu untuk ketertiban jalan dan fungsi dari fasilitas umum. Maka para pedagang kaki lima harus di relokasi agar fasilitas umum dapat berguna sesuai fungsinya, dengan adanya relokasi pedagang kaki lima mereka tidak perlu takut untuk kehilangan konsumen atau pelanggan tetap mereka karena tempat relokasi juga strategis untuk berjualan. Jenis dan pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memusatkan pada suatu objek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu studi. Dampak dari implementasi kebijakan penataan pedagang kaki lima di kota Malang adalah terwujudnya kondisi kota Malang yang sudah rapi dan indah dengan memiliki lokasi strategis atas pemindahan lokasi berjualan PKL di lokasi yang lebih bak dan tertib.

English Abstract

Implementation of the policy on its premises is a way for a policy to achieve its objectives, no more and less. Actors and policy makers are those who involved in the public policy implementation process and in what ways public policy can be influenced. In this case public policy-making actors can be divided into two, which are policy-makers and non-governmental participants. In this case acting as an actor in the implementation of public order, the SatuanPolisiPamongPraja(Satpol PP) has duties and functions independently by their respective regions. Satpol PP has a strategic mission in assisting the head of the region who is the mayor to create a peaceful, and orderly to regional conditions so that the administration can run smoothly and the community can conduct activities safely. The existence of street vendors is very disturbing for road order and function of public facilities. So, the street vendors must be relocated so that public facilities can be useful as function, with the relocation of street vendors they do not have to be afraid to lose their customers or regular customers because the relocation place is also strategic to sell. The types and approaches used in this study are qualitative descriptive. This study focuses on a particular object that learn it as a study. The impact of the implementation of the policy of structuring of street vendors in Malang is the realization of the condition of the city of Malang that has been neat and beautiful with a strategic location for moving the location of street vendors selling in a more tidy and orderly location.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1401/051811174
Uncontrolled Keywords: Pedagang Kaki Lima, Satuan Polisi Pamong Praja, PKL, Pemerintahan,.-Street Vendors, Satuan Polisi Pamong Praja, Satpol PP, Vendors, Government, Relocation, Public Facilities,
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.18 Outdoor and streat markets
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:34
Last Modified: 23 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161906
[thumbnail of Awinda Widya Putri Pratama.pdf]
Preview
Text
Awinda Widya Putri Pratama.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item