Kurniawan, Singgih Dwi (2018) Analisis Efisiensi Biaya Produksi Dengan Metode Target Costing Pada Produk Keripik Singkong Berbasis Online di Ud. New Sehati, Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam upaya tetap bertahan dalam persaingan bisnis.Salah satu cara yaitu dengan menggunaan teknologi pemasaran secara online dapat membatu perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan untuk pencapaian target profit perusahaan.Selain teknologi pemasaran cara lain yang dapat digunakan oleh perusahaan agar dapat bersaing yaitu dengan mengendalikan biaya produksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis perbandingan pemasaran secara onlinedan pemasaran offline yang dilakukan oleh perusahaan, (2) menganalisis perbandingan biaya produksi dan laba dengan menggunakan metode standard costing dan target costing di perusahaan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Pemilihan lokasi di UD. New Sehati ini dikarenakan perusahaan tersebut merupakan salah satu industri olahan makanan di Kabupaten Mojokerto yang memiliki lokasi yang strategis yaitu dekat dengan tempat pariwisata dan pemasaran produk hingga luar negeri seperti singapura, korea, china dan hongkong.Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan judgment sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini, antara lain adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Ada tiga teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan antara lain meliputi: 1. Analisis Metode Standard Costing Analisis penentuan standard costing pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi kripik singkong dan laba yang diperoleh perusahaan dari penjualan. Perhitungan pada metode standard costing menggunakan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dan non produksi. 2. Analisis Metode Target Costing Penggunaan metode Target Costing untuk dapat menjawab tujuan dari penelitian yang mengenai pengendalian biaya produksi dan pencapaian target laba bagi perusahaan. Data yang digunakan dalam metode ini adalah produksi keripik singkong pada tahun 2017.Tahapan dalam melakukan metode Target Costing adalah sebagai berikut: a. Menentukan harga jual keripik singkong dengan harga yang kompetitif. b. Menentukan target laba yang diinginkan oleh perusahaan. c. Menghitung target biaya yang efisien untuk digunakan, berdasarkan pada harga jual kompetitif produk dan laba yang diinginkan.ii 3. Deskriptif Deskriptif menjelaskan mengenai cara yang dilakukan untuk penurunan biaya produksi serta membandingkan nilai biaya produksi yang dikeluarkan dan laba yang dicapai dengan menggunakan metode standard costing dan metode target costing. UD. New Sehati merupakan salah satu usaha kecil menegah (UKM) yang terletak di Jalan Sekarsari No 24 RT 04 RW 02 Dusun Sukorejo Desa Kemiri Kecamatan Pacet, Mojokerto – Jawa Timur. UD. New Sehati bergerak dalam bidang industri olahan makanan aneka keripik. Total biaya produksi yang digunakan perusahaan untuk memproduksi keripik singkong menggunakan metode standard costing yaitu sebesar Rp. 460.364.233 atau Rp. 4.568 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan sebesar 17.238.767 atau sebesar 3,8%. Total biaya produksi yang digunakan perusahaan untuk memproduksi keripik singkong menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 434.253.754 atau Rp. 4.309 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan sebesar 43.349.246 atau sebesar 9,3%. Selisih biaya biaya yang dapat ditekan menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 26.110.479. Pemasaran online yang dilakukan oleh perusahaan terbukti dapat meningkatkan penjualan. Hal ini dibuktikan pemasaran online lebih besar yaitu sebesar 76% di bandingkan pemasaran offline yaitu sebesar 24%. Penerapan metode standard costing belum mampudijadikan acuan dalam penentuan biaya karena belum tercapainya target laba perusahaan. Penerapan metode target costing dalam penentuan biaya produksi dapat dijadikan sebagai acuan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan sehingga biaya produksi lebih efisien dan target laba yang diinginkan tercapai. Penerapan teknologi pemasaran memiliki dampak yang positif terhadap volume penjualan produk pada perusahaan, hal ini dibuktikan pemasaran online memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan pemasaran offline.
English Abstract
Businesspeople are demanded to be more creative and innovative in an effort to stay afloat in business competition. One way is to use online marketing technology can help companies to increase sales volume to achieve the company's profit targets. In addition to marketing technology other ways that can be used by companies to compete that is by controlling production costs. The purpose of this research are: (1) to analyze the ratio to online marketing and offline marketing conducted in company, (2) to analyze the ratio of production cost and profit using standard costing method and target costing in company, The approach used in this research is a quantitative approach. Site selection in UD. New Sehati is because the company is one of the processed food industry in Mojokerto regency which has a strategic location that is close to the tourism and marketing of foreign products such as singapore, korea, china and hongkong. Determination of respondents in this study using purposive sampling technique with judgment sampling. Data collection techniques used to obtain information needed in this study, among others, are interviews, observation, documentation. There are three data analysis techniques used in this study. Data analysis techniques used include: 1. Standard Costing Method Analysis The analysis of standard costing determination in this research is used to analyze the production cost incurred to produce the cassava chips and profit obtained by the company from the sale. Calculation on standard costing method uses raw material cost, labor cost and factory overhead cost and non production. 2. Analysis of Target Costing Method The use of Target Costing method to be able to answer the purpose of research on the control of production costs and the achievement of profit targets for the company. The data used in this method is the production of cassava chips in 2017. Stages in doing the Target Costing method are as follows: a. Determine the selling price of cassava chips at competitive prices. b. Determine the profit target desired by the company. c. Calculates cost efficient targets to use, based on price sell competitive products and desired profit.iv 3. Descriptive Descriptive explanation about the way that done to decrease production cost and compare value of production cost incurred and profit achieved by using method of costing costing and target costing method. UD. New Sehati is one small medium enterprises (SMEs) located at Jalan Sekarsari No 24 RT 04 RW 02 Sukorejo Hamlet Village Kemiri District Pacet, Mojokerto - East Java. UD. New Sehati is engaged in the processed food industry of various chips. Total cost of production used by company to produce cassava chips using standard costing method that is equal to Rp. 460.364.233 or Rp. 4,568 per pack with a net profit of 17,238,767 or 3.8%. Total cost of production used by company to produce cassava chips using target costing method that is equal to Rp. 434.253.754 or Rp. 4,309 per pack with a net profit of 43,349,246 or 9.3%. The difference in cost costs that can be reduced using the target costing method of Rp. 26.110.479. Online marketing conducted by the company is proven to increase sales. This is evidenced greater online marketing that is equal to 76% in comparison offline marketing that is equal to 24%. Implementation of standard costing method has not been able to be used as a reference in the determination of costs because the company has not achieved the target profit. The implementation of target costing method in determining the cost of production can be used as a reference cost that must be issued by the company so that the production cost is more efficient and the desired profit target is achieved. Application of marketing technology has a positive impact on the volume of product sales in the company, it is proven online marketing has more number than offline marketing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/423/051808375 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi Biaya Produksi, Metode Target Costing, Produk Keripik Singkong, Berbasis Online |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.19 Food Supply > 338.190 285 Computer application |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:09 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161845 |
Preview |
Text
SINGGIH DWI KURNIAWAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |