Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)

Robinsyah, Muhammad Dikri (2018) Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan industri game berawal dari berkembangnya game 2-dimensi. Namun pada perkembangannya game 2-dimensi mulai kalah dengan game 3- dimensi. Sedangkan game 2-dimensi memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan yang lebih murah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dari pada game 3- dimensi. Dengan menambahkan metode real-time dynamics lighting dan soft shadow diharapkan dapat meningkatkan nilai dari game 2-dimensi itu sendiri. Oleh karena itu pada proyek skripsi ini diimplementasikan metode tersebut pada lingkungan game 2-dimensi dengan studi kasus Game Wipe-It-Off. Metode realtime dynamics lighting dan soft shadow diimplementasikan dengan menggunakan Graphic API OpenGL, Bahasa C++, dan GLSL. Dari performance testing didapatkan informasi mengenai frame rate, frame time, penggunaan CPU, dan penggunaan memori pada game yang menggunakan metode dan tidak menggunakan metode memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Selain itu implementasi metode tersebut tidak terdapat indikasi terjadinya kebocoran memori, dimana penggunaan memori memiliki nilai yang stabil dengan selisih antara penggunaan memori terbesar dan terkecil adalah 790.528 bytes. Oleh karena itu penggunaan metode tersebut sangatlah disarankan untuk menambah nilai dari game tanpa harus mengorbankan performa game.

English Abstract

The growth of the gaming industry started from the development of 2- dimensional games. But in its development, 2-dimensional game began to lose with 3-dimensional game. While 2-dimensional games have the advantages i.e. the development cost is cheaper and the development time is shorter than the 3- dimensional game. Adding real-time dynamics lighting and soft shadow methods is expected to increase the value of the two-dimensional game itself. Therefore in this project is implemented by the method in 2-dimensional game environment with case study of Game Wipe-It-Off. Real-time dynamics lighting and soft shadow methods are implemented using OpenGL Graphic API, C ++ Language, and GLSL. From performance testing obtained information about frame rate, frame time, CPU usage, and memory usage in game using method and not using method has not significant difference. In addition, the implementation of the method there is no indication of a memory leak, where the use of memory has a stable value with the difference between the largest and the smallest memory usage is 790,528 bytes. Therefore the use of such methods is highly recommended to add value of the game without having to sacrifice game performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/528/051808419
Uncontrolled Keywords: real-time dynamics lighting, soft shadow, 2-dimensional game, performance testing.
Subjects: 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:44
Last Modified: 21 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161780
[thumbnail of Muhammad Dikri Robinsyah.pdf]
Preview
Text
Muhammad Dikri Robinsyah.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item