Peramalan Tingkat Produksi Gula Menggunakan Multi Factor Fuzzy Time Series yang Dioptimasi dengan Algoritme Genetika

Khoirin, Kholifa’ul (2018) Peramalan Tingkat Produksi Gula Menggunakan Multi Factor Fuzzy Time Series yang Dioptimasi dengan Algoritme Genetika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gula merupakan salah satu komoditi strategis yang berpengaruh bagi perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan peranan gula sebagai salah satu bahan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun di sisi lain, seiring dengan meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia, hal tersebut tidak diimbangi dengan kapasitas produksi gula yang dihasilkan. Salah satu pabrik penghasil gula adalah PG Candi Baru Sidoarjo. Selain faktor pengolahan produksi, pabrik ini mengalami kesulitan dalam proses perencanaannya. Yang mana dalam melakukan perencanaan produksi, pabrik gula ini akan menetapkan sasaran yang akan dicapai dalam produksi kedepannya. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan peramalan untuk melihat kemungkinan pencapaian target produksi gula. Penelitian ini menggunakan metode Multi Factor Fuzzy Time Series yang dioptimasi dengan Algoritme Genetika dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang memengaruhi proses produksi gula antara lain jumlah hari penggilingan dalam satu bulan, persentase rendeman, dan jumlah tebu yang digiling. Penggunaan Algoritme Genetika untuk melakukan optimasi pada subinterval. Hasil peramalan produksi gula menggunakan metode yang diusulkan mendapatkan RMSE sebesar 424,70. Hasil ini lebih kecil dibandingkan dengan metode Multi Factor Fuzzy Time Series tanpa optimasi pada subintervalnya yang menghasilkan RMSE 6168,7437. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode yang diusulkan mampu melakukan peramalan dengan hasil yang lebih baik dari pada metode Multi Factor Fuzzy Time Series yang tanpa dioptimasi.

English Abstract

Sugar is one of the strategic commodities that affect the Indonesia’s economy. This is because sugar is one of a essencial staple for Indonesian society. But on the other hand, the large demand of sugar consumption in Indonesian cannot meet with the low production of sugar. One of sugar factories is PG Candi Baru Sidoarjo. Besides production processing’s factors, the factory is experiencing difficulties in its planning. Which in the production planning, the sugar factory will set targets that must to be achieved in future production. In an effort to overcome these problems, this study is expected to provide forecasting to see the possibility of achieving sugar production targets. Multi Factor Fuzzy Time Series method optimized with Genetic Algorithm by considering several factors influencing sugar production process such as number of milling days in one month, percentage of rendeman, and number of milled sugarcane. The genetic algorithm is used to perform subinterval optimization. Forecasting results of sugar production using a combination of these two methods get RMSE of 424,70. These results are smaller than the Multi Factor Fuzzy Time Series method without optimizing the subintervals that yield RMSE 6168,7437. Thus, it can be concluded that the proposed method is capable of forecasting better results than the unoptimized Multi Factor Fuzzy Time Series method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/466/051808071
Uncontrolled Keywords: Gula, Multi-Factor Fuzzy Time Series, Algoritme Genetika, Subinterval. Sugar, Multi-Factor Fuzzy Time Series, Genetic Algorithm, Subinterval.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.1 Sugar, syrup, their derived products
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:25
Last Modified: 24 Nov 2020 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161580
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item