Pengaruh Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Sumawe Malang

Anggraeni, Yulita (2018) Pengaruh Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Sumawe Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tren minum kopi yang semakin berkembang menyebabkan banyaknya pengusaha yang mencoba masuk dalam industri kopi sehingga semakin banyak bermunculan pesaing. Pada Kabupaten Malang, kopi lokal yang terkenal adalah kopi Amstirdam (Ampelgading, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, dan Dampit). Sayangnya kopi yang berasal dari Sumbermanjing Wetan yang diberi nama kopi Sumawe belum cukup dikenal. Padahal kopi ini memiliki keunggulan yaitu merupakan kopi lokal yang sudah diakui AEKI dan adanya rencana pengembangan agrowisata kopi di lokasi budidaya kopi Sumawe tersebut. Hal ini dikarenakan konsumen yang lebih selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya. Selain itu, dikarenakan banyak bermunculannya persaingan bisnis yang tidak hanya berpedoman pada kualitas produk, tetapi juga pada harga yang ditawarkan produsen. Produsen disini dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat, guna memberikan kepuasan dan menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap kopi Sumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen kopi Sumawe, (2) Menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen kopi Sumawe, dan (3) Menganalisis pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen kopi Sumawe. Penelitian ini dilaksanakan cafe-cafe, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Kota Malang yang menjual kopi Sumawe. Metode penentuan sampel adalah accidental sampling dengan penentuan jumlah sampel didasarkan atas 10 kali dari jumlah variabel sehingga didapatkan hasil sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif guna mendeskripsikan karakteristik responden dan menggambarkan hasil pengujian serta menggunakan analisis SEM-PLS guna menguji hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (β = 0,350 dan P < 0,01). Persepsi harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (β = 0,505 dan P < 0,01). Bila dihubungkan dengan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan (β = 0,277 dan P = 0,03). Kualitas produk dan persepsi harga juga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen yang secara berturut-turut ditunjukkan dengan nilai (β = 0,265 dan P = 0,03) dan (β = 0,393 dan P < 0,01). Karena itu, produsen diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan variabel-variabel tersebut agar konsumen tetap puas dan loyal terhadap kopi Sumawe.

English Abstract

The trend of drinking coffee that growing cause many employers who tried to get in industry coffee so the more springing competitors .On Malang district own, the local coffee famous are coffee Amstirdam (Ampelgading, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, and Dampit). Unfortunately coffee derived from Sumbermanjing Wetan named coffee Sumawe not enough known. While this coffee has the advantage that is a local coffee that has been recognized AEKI and the development of coffee agro-tourism in Sumawe coffee cultivation location. This is because the consumer be more selective in determining products will he bought. In addition, because many the emergence of business competition that not only based on quality products, but also on price preception. Producers here are required to apply a strategy right to give satisfaction and a growing customer loyalty to products coffee Sumawe. The purpose of this research is (1) Analyze influence product quality and price perception of customer satisfaction coffee Sumawe, (2) Analyze the influence of satisfaction with loyalty consumers coffee Sumawe, and (3) Analyze influence product quality and price perception of loyalty consumers coffee Sumawe. This research is conducted by cafes, precisely in Sumbermanjing Wetan Subdistrict and Malang City that sell Sumawe Coffee. The sample determination was accidental sampling with the determination of the total sample based on 10 times variable quantities results so get as much as 40 respondents. Analysis techniques the data used was descriptive analysis to describe characteristics of respondents and describes the result testing and using analysis SEM-PLS to test the relationship between variables Based on the results of the analysis known that the product quality of it has some positive effects and significant impact on consumer satisfaction (β = 0,350 and P < 0,01). Price perception is also have a positive influence and significant impact on customer satisfaction (β = 0,505 and P < 0,01). If connected with loyalty consumers, the satisfaction of customer satisfaction have a positive influence and significant (β = 0,277 and P = 0,03). The product quality and price perception also had a positive impact on consumer loyalty respectively indicated by the value of (β = 0,265 and P = 0,03) and (β = 0,393 and P < 0,01). Therefore, producers are expected to maintain and increase for such variables here so that consumers will remain satisfied and loyal for coffee Sumawe.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/309/051804909
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Industri Kopi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:26
Last Modified: 19 Oct 2021 13:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161476
[thumbnail of YULITA ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
YULITA ANGGRAENI.pdf

Download (18MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item