Konflik Pekerjaan-Keluarga Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Guru (Studi pada Guru Wanita Sekolah Menengah di Kota Mataram)

Nurmayanti, Siti (2014) Konflik Pekerjaan-Keluarga Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Guru (Studi pada Guru Wanita Sekolah Menengah di Kota Mataram). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konflik pekerjaan-keluarga merupakan konflik antar peran yang muncul karena tekanan-tekanan yang tidak seimbang diantara peran keluarga dan peran kerja. Sejumlah penelitian mengenai konflik pekerjaan-keluarga telah dilakukan pada beragam profesi, namun masih sedikit studi yang dilakukan pada profesi guru. Profesi guru dipandang sebagai obyek yang kurang menarik diteliti karena dipersepsikan mengalami konflik pekerjaan-keluarga pada tingkat yang rendah. Dalam kenyataannya, guru sebagaimana profesi lainnya juga rentan mengalami konflik pekerjaan-keluarga. Penelitian ini ditujukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh WIF terhadap kepuasan kerja dan komitmen guru. Penelitian ini juga menguji dan menganalisis pengaruh FIW terhadap kepuasan kerja dan komitmen guru. Demikian pula, pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen guru. Data dikumpulkan melalui survey dengan memberikan kuesioner kepada 250 guru wanita sekolah menengah di Kota Mataram, selanjutnya dianalisis menggunakan Partial Least Squere (PLS). Temuan penelitian menunjukkan WIF dan FIW berpengaruh negatif terhadap komitmen guru. Penelitian ini juga memberi bukti bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen guru. Secara spesifik, penelitian ini membuktikan bahwa hanya FIW yang berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja, sedangkan WIF tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja.

English Abstract

Work–family conflict is a role conflict that occurred due to unbalanced pressures between work and family roles. A number of researches on work-family conflicts have been conducted on various professions; however there are still few research on work-family conflicts in teachers . Being a teacher is viewed as less interesting research object as it is assumed that work-family conflict in this profession is low. In reality, teacher, as other professions, also has a risk of having work-family conflicts. The research`s objective is to test and analyze the effects of WIF to teacher`s job satisfaction and commitment. This research also test and analyze the effects of FIW to teacher`s job satisfaction and commitment, as well as the effects of job satisfaction toward commitment. The data is collected through survey by giving questionnaire to 250 female teachers of Senior High Schools in Mataram City. It is then analyzed using Partial Least Square (PLS). The finding of this research show that WIF and FIW have negative impacts to teacher`s commitment. This research also proves that job satisfaction has positive effects to teacher`s commitment. Specifically, this research proves that it is only FIW which has negative effects to job satisfaction, meanwhile, WIF has no effect on job satisfaction.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DES/658.314 5/NUR/k/061405773
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 05 Nov 2014 14:37
Last Modified: 20 Oct 2022 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161188
[thumbnail of SITI NURMAYANTI.pdf] Text
SITI NURMAYANTI.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item