Arifin, Freddy (2014) Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Karakteristik Personal Terhadap Keterikatan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Guru (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Berlatar Belakang Islam yang terakred. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pola hubungan antara budaya organisasi, kepemimpinan, dan karakteristik personal sebagai faktor-faktor yang memengaruhi keterikatan kerja dan Kinerja Guru. Survei dilakukan pada 25 Sekolah Menengah Atas Berlatar Belakang Islam yang terakreditasi A di Provinsi DKI Jakarta dengan total responden sebanyak 416 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square-structural equational modeling (PLS-SEM) menggunakan bantuan program SMARTPLS. Hasil penelitian berhasil membuktikan adanya pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, dan karakteristik personal terhadap keterikatan kerja guru, dan juga budaya organisasi, kepemimpinan, karakteristik personal dan keterikatan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil penelitian ini menguatkan berbagai temuan sebelumnya bahwa budaya organisasi, kepemimpinan dan karakteristik personal memiliki peran dalam meningkatkan keterikatan kerja guru, serta peran budaya organisasi, kepemimpinan, karakteristik personal dan keterikatan dalam meningkatkan kinerja guru. Selain itu, keterikatan kerja juga terbukti memiliki peran mediasi hubungan tidak langsung antara budaya organisasi, kepemimpinan dan karakteristik personal terhadap kinerja guru. Dalam konteks teoritis, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keterikatan kerja guru dan dampaknya terhadap kinerja. Sedangkan dalam konteks praktis, ditemukan bahwa budaya organisasi merupakan prediktor utama keterikatan kerja. Implikasi praktis kedua adalah pentingnya bagi kepala sekolah untuk meningkatkan keterikatan kerja guru dalam upaya meningkatkan kinerja guru.
English Abstract
The purpose of this study was to test a model of antecedents and consequences of teacher`s engagement in an educational context. Organizational culture, leadership and personal characteristics are placed as antecedents, while performance is defined as the consequence of the engagement. The survey was completed among 416 teachers in 25 senior high schools on A Acreditation of High School with Islamic Background in Jakarta, averagely aged 38 and 54 percent of which are female. The participants had on average 11 years of work experience. The analysis technique is partial least square-structural equational modeling (PLS-SEM) using SMARTPLS. The findings prove that the influence of organizational culture, leadership, and personal characteristics on the teacher`s work engagement; and organizational culture, leadership, personal characteristics and engagement positively impact the teacher`s performance, supporting the results of the previous studies. In addition, work engagement mediates organizational culture, leadership and personal characteristics on teacher`s performance. In a theoretical context, further research is expected to further investigate the factors that influence work engagement and its impact on teacher`s performance. Meanwhile, in a practical context, organizational culture is found to be a major predictor of work engagement. The second practical implication is important for principals to improve work engagement in efforts to improve teacher`s performance.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.312 5/ARI/p/061403169 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 08:28 |
Last Modified: | 17 Jun 2014 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161178 |
Actions (login required)
View Item |