Mandor Sebagai Pemimpin Informal Tradisional Yang Masih Bertahan Di Era Manajemen Konstruksi Modern Di Jawa Timur

Lukiyanto, Kukuh (2015) Mandor Sebagai Pemimpin Informal Tradisional Yang Masih Bertahan Di Era Manajemen Konstruksi Modern Di Jawa Timur. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didorong oleh pendapat bahwa manajemen tradisional sulit berperan dalam industri konstruksi modern. Manajemen tradisional semakin tersingkir dari industri konstruksi yang sebagian besar sudah menggunakan manajemen konstruksi modern. Di Indonesia masih banyak proyek dengan manajemen konstruksi modern tetapi menggunakan jasa Mandor dalam pengelolaan tenaga kerjanya. Sedangkan Mandor merupakan pemimpin informal tradisional yang mengelola tenaga kerja dengan manajemen tradisional. Faktanya dalam kondisi ketidakpercayaan manajemen konstruksi modern terhadap manajemen tradisional, masih ada mandor yang berhasil dalam usahanya dan tetap bertahan di era manajemen konstruksi modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mandor yang merupakan pemimpin informal tradisional bisa bertahan di era manajemen konstruksi modern. Selain itu juga untuk mengungkap bagaimana pengaruh budaya Jawa dalam kepemimpinan mandor. Penelitian ini juga berusaha mengungkap bagaimana gaya kepemimpinan mandor yang berhasil. Untuk menjawab semua itu, penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian dilakukan di Jawa Timur, di dua wilayah budaya yang mewakili masyarakat Jawa, yaitu Mataraman dan Arek. Lima informan kunci dari kedua wilayah tersebut mewakili mandor yang berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mandor masih bisa bertahan di era manajemen konstruksi modern dengan cara tetap mempertahankan tiga kategori dasar budaya Jawa, yaitu : harmonisasi, struktural fungsional dan transendental, tetapi menyesuaikan dengan manajemen konstruksi modern, perubahan lingkungan dan budaya pekerja yang cenderung bersikap konsumtif serta hedonis, dengan filosofi ngeli (mengikut arus) dan nepakne awake dewe (merefleksikan pada diri sendiri) pada setiap tindakan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.302/LUK/m/2015/061602762
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Apr 2016 10:25
Last Modified: 12 Apr 2016 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161173
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item