Pengaruh Modal Manusia dan Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Organisasi yang Dimediasi oleh Kompetensi Organisasi dan Budaya Inovasi (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah V Da

Winarno (2012) Pengaruh Modal Manusia dan Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Organisasi yang Dimediasi oleh Kompetensi Organisasi dan Budaya Inovasi (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah V Da. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: Pengaruh Modal Manusia dan Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Organisasi yang Dimediasi Kompetensi Organisasi dan Budaya Inovasi. Objek dan sampel penelitian ini adalah Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis V Yogyakarta. Studi ini menggunakan pendekatan survei dengan cross sectional design . Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh atau sensus. Responden dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta yang memiliki 50% program studi terakreditasi. Model pengujian dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan metode Parsial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modal intelektual merupakan indikator terpenting dari modal manusia dalam meningkatkan kinerja organisasi yang direfleksikan peningkatan sistem pembelajaran. 2) Keahlian personal merupakan indikator terpenting dari pembelajaran organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi yang direfleksikan peningkatan sistem pembelajaran. 3) Kualitas pendidikan dan pengajaran merupakan indikator terpenting dari kompetensi organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi yang direfleksikan peningkatan sistem pembelajaran. Kompetensi organisasi sebagai variabel mediasi pengaruh modal manusia terhadap kinerja organisasi bersifat parsial. 4) Konsistensi inovasi merupakan indikator terpenting dari budaya inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi yang direfleksikan oleh sistem pembelajaran Budaya inovasi sebagai variabel mediasi pengaruh modal manusia terhadap kinerja organisasi bersifat parsial. 5) Kualitas pendidikan dan pengajaran merupakan indikator terpenting dari kompetensi organisasi mampu memediasi pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja organisasi. Kompetensi organisasi sebagai variabel mediasi pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja organisasi bersifat parsial, 6) Keahlian personal sebagai indikator terpenting pembelajaran organisasi mampu meningkatkan budaya inovasi yang direfleksikan adanya konsistensi inovasi. Budaya inovasi sebagai variabel mediasi pengaruh pembelajaran organisasi bersifat parsial, dan 7) Modal manusia merupakan faktor dominan dalam meningkatkan kinerja organisasi dibandingkan dengan pembelajaran organisasi.

English Abstract

The purpose of this research was to examine and analyze: The Influences of Human Capital and Organizational Learning on Organizational Performance Mediated by Organizational Competence and Innovation Culture. The object and sample of this study were the Private Higher Education Institutions in Kopertis V Yogyakarta. This study used a survey approach with cross sectional design. The technique for collecting the samples was total sampling or census. The respondents in this study were the Private Higher Education Institutions having at least 50% accredited study programs. The testing model was Structural Equation Modeling (SEM) using Partial Least Square (PLS) method. The results show that: (1) Intellectual capital is the most important indicator of human capital in increasing organizational performance that is reflected in the improvement of learning system, (2) Personal skills are the most important indicators of organizational learning in improving organizational performance as reflected by the improvement in the learning system, (3) The quality of education and teaching is the most important indicator of the organizational competence in improving organizational performance which is reflected by the learning system improvement; Organizational competence as the mediating variable of the influence of human capital on organizational performance is partial, (4) Innovation consistency is the most important indicator of innovation culture in improving organizational performance as reflected by the learning system. Innovation culture as the mediating variable of the influence of human capital on organizational performance is partial, (5) The quality of education and teaching as the most important indicator of the organizational competence is capable of mediating the influence of organizational learning on organizational performance. Organizational competence as the mediating variable of the influence of organizational learning on organizational performance is partial, (6) Personal skill as the most important indicator of organizational learning is able to improve innovation culture as reflected in innovation consistency. Innovation culture as the mediating variable of the influence of organizational learning is partial, and (7) Human capital serves as more dominant factor in improving organizational performance than the organizational learning.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.3/WIN/p/061204252
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 Jan 2013 11:29
Last Modified: 23 Jan 2013 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161172
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item