Khuzaeni (2012) Pengaruh Budaya Kerja, Stres Kerja Terhadapkepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai(Studipada Kantor Pelayananperbendaharaan Negara Jakarta ). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara budaya kerja, stress kerja, kepuasan kerja; dan kinerja pegawai Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Keuangan Negara di Jakarta. Lokasi Penelitian dilaksanakan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Jakarta dengan menggunakan sampel sebanyak 152 pegawai dijadikan responden. Setelah data b erkumpul ,kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan Smart. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja; Stres kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja; Budaya kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai ; stress kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai serta kepuasan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil informasi secara kualitatif menunjukkan bahwa KPPN selama ini menerapkan budayakerja yang ketat diantaranya seluruh pegawai KPPN tidak terkecuali secara intensif dilakukan uji kompetensi melalui kegiatan Assesment, penerapan disiplin kerja yang ketat terhadap jam kerja. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja yang prima dalam melayani masyarakat (Mitrakerja KPPN), namun budaya kerja tersebut belum bisa diikuti oleh sebagian pegawai sehingga timbullah stress dan tidak puas dalam bekerja. Dengan adanya penerapan budaya kerjat ersebut mampu meningkatkan kinerjapegawai karena para pegawai mau tidak mau harus melaksanakan kinerja dengan baik. Implikasi dari penelitian ini adalah budaya kerja yang kuat dapat meningkatkan kepuasan kerja sehingga dapat menurunkan stress kerja yang akhirnya dapat meningkatkan kinerja pegawai.
English Abstract
The purpose of this study was to analyze and measure the influence of workplace culture and job stress on job satisfaction; work culture and job stress on employee performance and job satisfaction on employee performance. Setting The study was conducted in the State Treasury Office in Jakarta using a sample of 152 employees as respondents. Once the data is collected, then analyzed using the approach of Partial Least Square (PLS) with the help of Smart. The findings showed that the culture did not significantly influence on job satisfaction; insignificant effect of work stress on job satisfaction; work culture significantly influence the performance of the employee; insignificant effect of work stress on employee performance and job satisfaction did not significantly affect the performance of the employee. The results of the qualitative information suggests that KPPN been implementing strict work culture among all employees are no exception KPPN intensively tested competency through Assessment, the application of strict work discipline for hours. This is done to improve the performance excellence in serving the community (KPPN Partners), but the culture has not been able to be followed by some employees that arose stress and dissatisfied at work. With the implementation of the work culture is able to improve the performance of an employee because the employee would not want to perform well performance. The implication of this study is the strong culture that can increase job satisfaction that can reduce workplace stress that could ultimately improve employee performance.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.3/KHU/p/061309527 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 15:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161160 |
Text
KHUZAENI.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |