Rum, Jalaluddin (2013) Peranan Konflik sebagai Mediasi Pengaruh Pengetahuan, Komitmen Organisasional dan Kekuasaan terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Tim Penyusunan Anggaran Pemerintah Kota Kendari). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya kinerja pegawai diduga akibat adanya konflik. Konflik tersebut disebabkan karena faktor pengetahuan yang berbeda, komitmen organisasional yang rendah serta kekuasaan berdasarkan kepentingan. Unit analisis penelitian ini adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 131 orang pegawai dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan pegawai maka kinerja semakin meningkat dan intensitas konflik cenderung rendah. Komitmen organisasional dapat meningkatkan kinerja pegawai, namun tidak dapat menurunkan intensitas konflik. Konflik berperan sebagai mediasi sebagian ( partial mediation ) yang menghubungkan antara pengetahuan dan kinerja pegawai. Konflik berperan sebagai mediasi penuh ( complete mediation ) yang menghubungkan antara kekuasaan dengan kinerja pegawai. Konflik dapat meningkatkan kinerja pegawai. Temuan penelitian menunjukkan berdasarkan hasil uji bobot faktor bahwa, indikator job procedure merupakan indikator terkuat yang membentuk pengetahuan. Indikator komitmen afektif merupakan indikator terkuat yang membentuk komitmen organisasional. Indikator kekuasaan paksaan merupakan indikator terkuat yang membentuk kekuasaan. Indikator perubahan lingkungan merupakan indikator terkuat yang membentuk konflik. Indikator kualitas merupakan indikator terkuat pembentuk kinerja pegawai. Implikasi praktis penelitian ini berdasarkan indikator rata-rata ( mean ), bahwa teknologi, komitmen afektif, kekuasaan legitimasi, dan struktur organisasi merupakan indikator terkuat yang berpengaruh terhadap konflik dan kinerja pegawai.
English Abstract
The background of this study is the phenomenon about the low performance of employees which might happen due to a conflict. The conflict is caused by different knowledge among employees, low organizational commitment, and power on the basis of interest. The unit of analysis of this study was the regional work force. The respondents used as samples were 131 employees and to test the hypothesis, Structural Equation Modelling (SEM) was used. The results of this study indicate that the higher the knowledge of the employees, the higher their performance is, and the lower intensity of conflict might happen. Organizational commitment can improve employee performance, but it can not reduce the intensity of the conflict. Conflict serves as a partial mediation when it relates the employees` knowledge and performance. Conflict serves as complete mediation when it relates the employees` power and performance. Conflict can improve employee performance. The findings showed that based on the results of the weighting factor, job procedure is the strongest indicator forming knowledge. Indicator of affective commitment is the strongest indicator forming organizational commitment. Coercive power indicator is the strongest indicator forming power. Indicator of environmental change is the strongest indicator that makes up the conflict. Quality indicator is the strongest indicator that makes up the employee performance. The practical implications of this research based on the mean indicators are that technology, affective commitment, legitimate power, and organizational structure are the strongest indicators that affect the conflict and employee performance.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/352.65/RUM/p/061400540 |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 12 May 2014 14:21 |
Last Modified: | 12 May 2014 14:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160963 |
Actions (login required)
View Item |