Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Mediator Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik (Studi Pada Program Pendidikan D-IV Institut Pemerintahan Dal

Kusworo (2015) Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Mediator Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik (Studi Pada Program Pendidikan D-IV Institut Pemerintahan Dal. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia tenaga pendidik memegang peranan yang strategis dalam membentuk kualitas lulusan maupun kualitas perguruan tinggi. Sebagai konsekwensi logis dari tuntutan tersebut, penelitian ini mengarahkan studinya bagaimana meningkatkan kinerja tenaga pendidik melalui motivasi, lingkungan kerja, budaya organisasi yang dimediasi komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menjelaskan pengaruh motivasi, budaya organisasi dan lingkungan kerja dengan komitmen organisasional sebagai mediator terhadap kinerja tenaga pendidik pada program pendidikan D-IV IPDN Jatinangor Jawa Barat Populasi penelitian adalah semua tenaga pendidik yang terdiri dari dosen, pelatih dan pengasuh progran pendidikan D-IV sebayak 409 responden. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode Proportionate stratified random sampling sebanyak 165 responden. Pengumpulan data melalui penyebaran angket yang menggunakan skala likert dengan analisis statistik menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Semakin kuat motivasi semakin meningkat kinerja tenaga pendidik, (2) Semakin kuat budaya organisasi semakin meningkat kinerja tenaga pendidik, (3) Semakin baik lingkungan kerja semakin meningkat kinerja tenaga pendidik, (4) Motivasi dan budaya organisasi tidak mempengaruhi komitmen organisasional, sedangkan komitmen organisasional hanya dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan terbukti berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik. Kata Kunci: Motivasi, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasional dan Kinerja.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.314/KUS/p/2015/061508059
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2015 09:27
Last Modified: 13 Nov 2015 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160606
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item