Pengaruh Budaya Organisasi, Keterlibatan Pekerjaan, Dan Moral Karyawan Terhadap Organisasional, Knowledge Sharing Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkom Witel NTT).

Giri, EndangEviline (2016) Pengaruh Budaya Organisasi, Keterlibatan Pekerjaan, Dan Moral Karyawan Terhadap Organisasional, Knowledge Sharing Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkom Witel NTT). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh: 1) budaya organisasi terhadap komitmen organisasional, 2) budaya organisasi terhadap knowledge sharing, 3) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, 4) keteriibatan pekerjaan terhadap komitmen organisasional, 5) keterlibatan pekerjaan terhadap knowledge sharing, 6) keterlibatan pekerjaan terhadap kinerja karyawan, 7) moral karyawan terhadap komitmen organisasional, 8) moral karyawan terhadap knowledge sharing, 9) moral karyawan terhadap kinerja karyawan, 10) komitmen organisasional terhadap knowledge sharing, 11) komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan, dan 12) knowledge sharing terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode pengumpulan data melalui survey langsung ke 106 responden karyawan PT.Telkom Witel NTT yang berasal dari 5 (lima) kabupaten/kota (Kupang, Maumere, Ende, Waingapu dan Ruteng). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan software General Structured Component Analysis (GSCA). Temuan penelitian ini adalah: 1) budaya organisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasional, 2) budaya organisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap knowledge sharing, 3) budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 4) keterlibatan pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional, 5) keterlibatan pekerjaan berpengaruh tidak signifikan terhadap knowledge sharing, 6) keterlibatan pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 7) moral karyawan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional, 8) moral karyawan berpengaruh tidak signifikan terhadap knowledge sharing, 9) moral karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 10) komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing karyawan, 11) komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 12) knowledge sharing berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menghasiikan dua hubungan baru yaitu: moral karyawan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional, dan moral karyawan berpengaruh tidak signifikan terhadap knowledge sharing. Variabel yang paling dominan dalam menentukan kinerja karyawan adalah knowledge sharing karena memiliki pengaruh terkuat terhadap kinerja karyaWah. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan bidang manajemen SDM, dan kontribusi praktis bags manajemen PT Telkom Witel NTT yaitu cara meningkatkan kinerja karyawan melalui penataan hubungan antara atasan dan bawahan yang balk sehingga meningkatkan moral dan keterlibatan karyawan serta komitmen yang kuat terhadap organisasi. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel demografi dan variabel kompensasi untuk memperluas dan memperjelas kajian ini.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.312 5/GIR/p/2016/061607187
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jan 2017 11:13
Last Modified: 09 Jan 2017 11:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160605
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item