Pengaruh Human Capital dan Social Capital dengan Kompetensi Sosial sebagai Mediator Terhadap Kesuksesan Usaha (Studi Pada Pemilik Usaha Dagang Ikan di Kabupaten Lamongan)

Badriyah, Nurul (2015) Pengaruh Human Capital dan Social Capital dengan Kompetensi Sosial sebagai Mediator Terhadap Kesuksesan Usaha (Studi Pada Pemilik Usaha Dagang Ikan di Kabupaten Lamongan). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar pemilik usaha dagang ikan di Kabupaten Lamongan masih memasarkan ikan wilayah Jawa Timur 40%, Jawa Tengah dan Barat 38% dan ada 21% keluar pulau jawa. Sektor Perdagangan yang bersifat terbuka atau tidak ada halangan bagi pihak yang ingin keluar masuk menuntut pelaku usaha dagang memiliki kemampuan lebih dalam hal menawarkan barang, mencari peluang pasar dan menjaga jaringan relasi guna mencapai kesuksesan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kompetensi sosial dapat berperan sebagai variabel mediasi antara human capital dan social capital terhadap kesuksesan usaha pada pemilik usaha dagang ikan di Kabupaten Lamongan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan pada 114 populasi, digunakan uji validitas dan reliabilitas 30 responden, sehingga sampel penelitian 84 responden diambil secara keseluruhan. Temuan dalam penelitian ini adalah kompetensi sosial merupakan variabel yang mampu memediasi hubungan human capital dan social capital dengan kesuksesan usaha pemilik usaha dagang ikan di Kabupaten Lamongan. Human capital tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap kesuksesan usaha, sedangkan social capital mampu mempengaruhi kesuksesan usaha. Sementara kompetensi sosial berperan sebagai mediasi parsial pada hubungan social capital terhadap kesuksesan usaha, dan pada hubungan human capital terhadap kesuksesan usaha, kompetensi sosial berperan sebagai mediasi penuh. Orisinalitas dan kebaruan penelitian ini adalah peran mediasi kompetensi sosial dalam kesuksesan usaha dalam ranah sumber daya manusia. Implikasi praktis hasil kajian ini adalah memberikan masukan bagi pemilik usaha dagang ikan yang berkaitan dengan sikap pemilik usaha dagang saat melakukan negosiasi sehingga timbul kepekaan, kenyamanan yang pada akhir orientasinya terjalin jaringan bisnis untuk mencapai kesuksesan usaha. Kata kunci: Human capital, social capital, kompetensi sosial, kesuksesan usaha dagang ikan

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.3/BAD/p/2015/061600259
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jan 2016 15:36
Last Modified: 21 Jan 2016 15:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160602
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item