Fahrial (2015) Peranan Lembaga Keuangan Mikro (Lkm) Nonbank Dalam Mendukung Umkm Di Provinsi Riau. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini diilhami dari munculnya gap antara peranan LKM Nonbank (LKM-NB) dalam mendukung UMKM yang handal berdasarkan UU No. 01 tahun 2013 tentang LKM dan UU No. 20 tahun 2008 tentang UMKM yang mengatur tentang pelaksanaan dan capaian kinerja sektor keuangan mikro di Provinsi Riau. LKM-NB semakin serius dibenahi oleh Pemerintah dengan membuat aturan atau Undang-Undang tentang LKM dan UMKM belum dapat memenuhi harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) mengetahui peranan LKM-NB dalam mendukung UMKM di Provinsi Riau. b) mengetahui kualitas implementasi dan mekanisme LKM-NB dilihat dari segi mekanisme (tata kelola) di Provinsi Riau .dan c) menyusun strategi LKM-NB dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tujuan utamanya adalah menggali dan menjelaskan perilaku ketimbang menggambarkannya, ketika masalah penelitian tidak “biasa” dan tidak mencukupi untuk diteliti, atau ketika kata-kata yang pantas untuk dikomunikasikan dengan informan tidak tersedia, maka peneliti disarankan untuk menunjukkan jawaban pertanyaan penelitiannya dengan menggunakan metode kualitatif. Sementara prioritas kedua mengarah pada perundang-undangan yang ada dilaksanakan atau disempurnakan sesuai kondisi fakta di lapangan di Provinsi Riau. Dari hasil lapangan didapatkan bahwa : a) Peranan LKM-NB di Provinsi Riau dalam mendukung UMKM adalah LKM-NB berperan sebagai pemberi modal kepada UMKM, adanya kepastian bahwa modal yang ada di LKM-NB memang diperuntukkan bagi UMKM yang layak dan diyakini modal tersebut tidak dialihkan kepada penggunaan lainnya atau pinjaman untuk perusahaan besar. Dan LKM-NB diyakini tidak boleh diintervensi oleh pihak lain, Peranan lain yang diberikan LKM-NB kepada UMKM adalah mempercepat modal LKM-NB untuk sampai ketangan UMKM yang layak dan bertanggjawab dengan menggunakan jasa pelayanan berupa tenaga kontributor dan koordinator yang ikut membantu fungsi dari pelayanan dari LKM-NB. Pemberian pelatihan etika kerja kepada karyawan/ti dan semua petugas Jika dijumpai karyawan/ti atau petugas yang tidak jujur misalnya dengan meminta sesuatu kepada pihak UMKM untuk memperlancar pencairan maka akan kenakan sangsi yang berat bahkan bisa dipecat. b) Kualitas implementasi LKM-NB di Provinsi Riau terlihat dari segi mekanisme (tata kelola) saat berada di lapangan bahwa kualitas implementasi terhadap penyaluran dana oleh LKM-NB kepada UMKM kurang memuaskan karena lambat merespon keinginan UMKM untuk tambahan modal. Kualitas implementasi pelatihan yang diadakan oleh LKM-NB terhadap UMKM dikatakan kurang optimal. karena pada saat diadakan pelatihan seringkali UMKM yang diundang banyak yang tidak hadir dan yang hadir tidak terlalu serius menanggapi materi pelatihan, sepertinya hanya sekedar untuk memenuhi undangan dan menikmati fasilitas yang diberikan LKM-NB seperti uang saku, penginapan, akomodasi dan sertifikat. c) Strategi LKM-NB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau, dengan materi pelatihan yang betul-betul diminati sehingga dapat memotivasi UMKM untuk lebih mengembangkan potensi diri. LKM-NB tetap memberikan penilaian dan mengeluarkan sertifikat atau perhargaan bagi UMKM yang berprestasi sehingga UMKM di Provinsi Riau bisa berkembang. Strategi lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan membantu mengembangkan usaha UMKM, yaitu melalui pembinaan, pemasaran (promosi, pameran dan kluster /pengelompokan), kemitraan, pendampingan, penerapan fungsi manajemen, sehingga UMKM mempunyai standar dan kredibilitas baik walaupun saat berurusan dengan lembaga keuangan lainnya. Kebijakan yang ada atau yang akan diadakan ini diyakini oleh pelaku LKM-NB menjadi faktor dominan dalam menyusun strategi, program dan kebijakan yang mendukung meningkatkan peranan LKM-NB dalam mendukung UMKM di Provinsi Riau. Kata Kunci : Kelembagaan, Pemberdayaan. LKM-NB dan UMKM,
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DIS/332.3/FAH/p/2014/061508057 |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.3 Credit and loan institutions |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Nov 2015 14:50 |
Last Modified: | 18 Nov 2015 14:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160385 |
Actions (login required)
View Item |