Penerapan Dokumen Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) pada Good Manufacturing Practices (GMP) (Studi Kasus pada Produksi Maltosa PT. XYZ, Pasuruan, Jawa Timur)

Hermansyah, Muhammad (2013) Penerapan Dokumen Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) pada Good Manufacturing Practices (GMP) (Studi Kasus pada Produksi Maltosa PT. XYZ, Pasuruan, Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan rangkaian proses dan fungsi perlakuan masing-masing tahapan proses dan kondisi dalam produksi maltosa dengan parameter GMP yang kemudian diimplementasikan dengan penerapan HACCP yang dilengkapi dengan Instruksi Kerja CCP. Penelitian dilakukan dengan analisa data kualitatif, yaitu dengan membandingkan data dan hasil amatan dengan literatur terkait, berupa artikel, jurnal penelitian, dan standar yang berlaku umum, meski dalam perhitungan GMP dilakukakan beberapa pengujian data kuantitatif yang dilanjutkan penghitungan kesesuaian GMP produksi Maltosa dengan pencapaian 76,96 % yang berarti masih perlu improvement, hal ini mengacu pada standar audit yang telah ditetapkan oleh bagian produksi Maltosa PT. XYZ, sehingga dilakukan improvement dengan menerapkan HACCP yang telah diperbaiki komposisi proses pelaksanaannya dalam dokumen baru yang terjamin dengan peningkatan fokus SKP. Melalui penelitian dihasilkan susunan tujuh dokumen SKP HACCP, meliputi: (1) Pembentukan Tim HACCP, (2) Deskripsi Produk dan Proses, (3) Tujuan Penggunaan dan Konsumen Produk, (4) Diagram Alir Proses, (5) Identifikasi Bahaya, (6) Penentuan CCP, dan (7) Lembar Kerja CCP. Dokumen 1, 2, dan 3 disusun dengan meninjau ulang dan merevisi dokumen lama yang telah ada, sedangkan dokumen 4 sampai dengan 7 merupakan dokumen baru. Ketujuh dokumen tersebut kemudian juga dilengkapi dengan dokumen Instruksi Kerja CCP untuk memudahkan tenaga kerja dalam melakukan pengawasan dan pengendalian titik kendali kritis (CCP). Hasil penelitian menunjukkan rangkaian proses produksi maltosa di PT. XYZ secara umum terdiri dari 4 tahapan utama, meliputi: likuifikasi, sakarifikasi, pemurnian (filtrasi dan proses ion), dan pemekatan, sehingga menjadi proses yang stabil dan menghasilkan produktivitas.

English Abstract

This study describes a series of treatment processes and functions of each stage in production process and conditions of maltose product with GMP parameters are n implemented by application of HACCP is equipped with Work Instructions CCP. study was conducted with qualitative data analysis, by comparing data and results of observations with relevant literature, in form of articles, research journals, and generally accepted standards, although calculation of GMP with some quantitative data continued calculation GMP Maltose production by achieving 76.96% which means that still need improvement, this refers to auditing standards established by production department Maltose PT. XYZ, so improvement is done by applying improved composition HACCP implementation process in new document is assured with an increased focus on Food Safety Standards. Through resulting composition of seven studies document HACCP assessment, include: (1) Establishment of HACCP team, (2) Description of Products and Processes, (3) Purposes and Consumer Products, (4) Process Flow Diagram, (5) Hazard Identification, (6 ) Determination of CCP, and (7) Worksheet CCP. Documents 1, 2, and 3 have been prepared to review and revise existing old documents, while documents 4 to 7 is a new document. seven documents is n also equipped with Work Instruction documents CCPs to facilitate labor in monitoring and control of critical control points (CCPs). results showed maltose production process at PT. XYZ generally consists of four main phases, including: likuifikasi, saccharification, purification (filtration and ion processes), and concentration, so become stable process and generate productivity.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/664.07/HER/p/041305367
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.07 Tests, analyses, quality controls
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:46
Last Modified: 07 Oct 2020 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160129
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item