Kurniawan, Wibowo (2011) Pengaruh Sex Appeal Advertising terhadap Efektivitas Iklan dalam Pembentukan Brand Awareness. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai produk parfum pria yang memiliki banyak kompetitor, Axe yang telah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 1995 menyadari betapa pentingnya Brand Awareness yang akan mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas konsumen mereka. Salah satu cara yang dilakukan oleh Axe adalah dengan berusaha menciptakan sebuah iklan televisi yang efektif, dengan konten sex appeal sebagai cirikhas dan daya tarik bagi para audiens yang menyaksikannya. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada masalah: “Apakah sex appeal advertising dari program periklanan AXE EFFECT adalah iklan yang efektif, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pembentukan brand awareness di benak para laki-laki muda sebagai konsumen produk Axe ?”. Untuk menjawab permasalahan diatas maka digunakan kuesioner untuk memperoleh data-data yang diperlukan yang berkaitan dengan variabel-variabel dalam penelitian ini ( sex appeal advertising , efektifitas iklan, dan brand awareness ) . Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 125 mahasiwa laki-laki yang berasal tiga Universitas terkemuka di Malang (Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang). Selanjutnya Data yang terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Path . Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat di simpulkan bahwa, sex appeal advertising yang di gunakan oleh Axe adalah iklan yang efektif, dan mampu membentuk brand awareness di benak para audiensnya, yaitu para laki-laki muda di Indonesia yang diwakili oleh para responden dalam penelitian ini.
English Abstract
As a male perfume products that have many competitors, Axe wich entered Indonesian market since 1995, realize how important brand awareness which will affect consumer purchasing decisions and ir loyalty. One of ways in which Axe is by trying to create an effective television advertising, with sex appeal content as its typical and attraction for audience who witnessed it. refore, this study focuses on issue: "Is sex appeal advertising of AXE EFFECT advertising program is an effective ad, and how y affect establishment of brand awareness in minds of young men as a consumer. To answer problems above n used a questionnaire to obtain necessary data relating to variables in this study (sex appeal advertising, advertising effectiveness, and brand awareness). Respondents are drawn in this study were 125 male students who came three leading universities in Malang (Malang UB, State University of Malang, and Muhammadiyah University of Malang). Fur r data collected is n analyzed using path analysis techniques. From analysis carried out it can be concluded that, sex appeal advertising that is in use by Axe is an effective advertising, and is able to establish brand awareness in minds of his audience, which is young men in Indonesia, are represented by respondents in this study.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/659.19/KUR/p/041201725 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 11:00 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 11:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160077 |
Actions (login required)
View Item |