Peran Motivasi dan Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru PNS (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo).

Tantawi, Rezkiawan (2016) Peran Motivasi dan Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru PNS (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini selain bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sertifikasi guru, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru PNS, juga untuk menguji dan menganalisis bagaimana peran motivasi dan kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru PNS. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 712 orang guru yang berstatus tersertifikasi dengan jumlah sampel sebanyak 233 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan kemudian data yang diperoleh dari sampel dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan sertifikasi guru terhadap motivasi, kepuasan kerja, dan kinerja guru. Motivasi dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi dan kepuasan kerja berperan sebagai partial mediation dalam pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru, yang mengindikasikan bahwa sertifikasi guru dapat mempengaruhi kinerja guru baik dengan ataupun tanpa didukung oleh adanya motivasi dan kepuasan kerja. Jika hasil penelitian dihubungkan dengan fenomena di lapangan, peneliti berasumsi bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan, guru harus memperhatikan dan update dengan perkembangan teknologi masa kini, memperhatikan cara belajar siswa, perangkat pembelajaran agar disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan disama ratakan antara sekolah satu dengan sekolah lainnya karena kinerja yang baik tanpa didukung dengan fasilitas belajar mengajar yang memadai akan berdampak pada kurang optimalnya proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.314/TAN/p/2016/041606084
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Dec 2016 11:13
Last Modified: 26 Jan 2022 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159538
[thumbnail of Rezkiawan Tantawi.pdf]
Preview
Text
Rezkiawan Tantawi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item