Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. (Persero) Pelabuhan Laut Indonesia II Cabang Pontianak

Astura, YuanitaMinarni (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. (Persero) Pelabuhan Laut Indonesia II Cabang Pontianak. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kualitas Pelayanan Internal, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Peneliti hendak menganalisis apakah Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. Metode analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis jalur ( path analysis ) dengan bantuan perhitungan melalui program SPSS versi 11.0, untuk menjawab pola hubungan antar variabel, baik pengaruh langsung maupun tidak langsung. Populasi penelitian adalah anggota divisi Sumber Daya Manusia, Umum dan Pengadaan. Sampel penelitian berjumlah 70 orang dan pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas pelayanan internal dan motivasi kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja karyawan. yang berarti semakin baiknya kualitas pelayanan internal dan motivasi kerja yang ada berakibat pada kenyamanan karyawan dalam bekerja serta memacu karyawan agar lebih berprestasi dan menciptakan kepuasan dalam bekerja. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja berpengaruh secara signifikan positif terhadap Kinerja karyawan. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi kerja yang dirasakan baik oleh karyawan serta tinggi rendahnya produktivitas Kinerja Karyawan didukung dari pelayanan manajemen yang diberikan kepada karyawan. Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan. Dimana tingkat kepuasan kerja karyawan perlu diperhatikan secara adil oleh pihak manajemen untuk meningkatkan Kinerja Karyawan yang diharapkan. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja Berpengaruh secara tidak langsung terhadap Kinerja karyawan melalui Kepuasan Kerja. Pengaruh tersebut adalah pengaruh positif. Dimana Kualitas Pelayanan Internal Dan motivasi Kerja yang diberikan oleh pihak manajemen akan memberikan dampak yang baik pula terhadap peningkatan Kinerja Karyawan serta Kepuasan Kerja karyawan yang sesuai dengan harapan perusahaan. Dan Kepuasan kerja disini malah memperkuat dampak dari Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan.

English Abstract

This research is about Internal Service Quality, Motivation, Job satisfaction and Job performance. reasearches wanted analyze internal service quality and motivation affect job performance through job satisfaction. Data analysis methods in this research is path analysis with SPSS version 11th. This analysis found variables relationship pattern between variables, both direct and indirect influence. population of this research is Human Resources Division, General and Procurement. Data collected by questionaire with 70 samples. This research found that internal service quality and motivation have positive significant influence job satisfaction. Which mean internal service quality and motivation make existing result in job satisfaction and create more satisfaction in work. Internal service quality and motivation has positive significant influence job performance. Internal service quality and motivation perceived good in job performance. High and low productivity to support job performance is depend of supported from company management. Job satisfaction is positive significant influence job performance. Where level of job satisfaction need to be considered fairly by management to improve job performance expectation. Internal service quality and motivation has a positive significant influential indirectly job performance through job satisfaction. Where internal service quality and motivation provide by management will give a good affect also increase job performance and job satisfaction in accordance with company expectation. Job satisfaction here instead streng n.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.314/AST/p/041101632
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 11 Apr 2011 10:34
Last Modified: 11 Apr 2011 10:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159520
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item