Pengaruh Karakteristik Individu, Tingkat Kecerdasan Spiritual, Karakteristik Pekerjaan terhadap Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Jatim Cabang Perak Surabaya)

Rahman, NinaTriapriana (2012) Pengaruh Karakteristik Individu, Tingkat Kecerdasan Spiritual, Karakteristik Pekerjaan terhadap Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Jatim Cabang Perak Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel Karakteristik Individu, Tingkat Kecerdasan Spiritual, Karakteristik Pekerjaan Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kepuasan Kerja Karyawan yang dalam hal ini adalah karyawan PT. Bank Jatim Cabang Perak Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan di sini adalah explanatory research yaitu suatu penelitian dimana peneliti menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Jatim Cabang Perak Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan jumlah masing-masing sub-populasi, dengan demikian masing-masing sampel untuk unit pelayanan diambil secara proposional sesuai dengan ukuran. Variabel yang diteliti adalah karakteristik individu (X 1 ), Tingkat Kecerdasan Spiritual(X 2 ), karakteristik pekerjaan (X 3 ), komitmen organisasional (Z) dan kepuasan kerja karyawan (Y). Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) variabel karakteristik individu (X 1 ), tingkat kecerdasan spiritual(X 2 ), karakteristik pekerjaan (X 3 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasional (Z); (2) Variabel komitmen organisasional (Z) berpengaruh kepuasan kerja karyawan (Y); (3) variabel tingkat kecerdasan spiritual(X 2 ), karakteristik pekerjaan (X 3 ) berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan (Y), sedangkan variabel karakteristik individu (X 1 ) tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan (Y); (4) variabel karakteristik individu (X 1 ), tingkat kecerdasan spiritual(X 2 ), karakteristik pekerjaan (X 3 ) berpengaruh tidak langsung terhadap kepuasan kerja melalui komitmen organisasional (Z).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312/RAH/p/041204559
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 19 Feb 2013 12:19
Last Modified: 19 Feb 2013 12:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159507
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item