Pengaruh Lingkungan Fisik, Harga Promo dan Persepsi Produk terhadap Motivasi Belanja dan Perilaku Pembelian Konsumen Produk Buku (Studi pada Toko Buku Gramedia di Malang)

Puspadewi, MAHary (2011) Pengaruh Lingkungan Fisik, Harga Promo dan Persepsi Produk terhadap Motivasi Belanja dan Perilaku Pembelian Konsumen Produk Buku (Studi pada Toko Buku Gramedia di Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berawal dari studi pustaka tentang variabel-variabel yang mempengaruhi motivasi belanja dan perilaku pembelian. Selama ini banyak penelitian di bidang tersebut yang mengambil objek penelitian di pusat perbelanjaan dan di industri ritel pakaian dengan hasil penelitian yang berbeda-beda untuk setiap variabelnya, ingin diketahui bagaimana penerapannya di industri ritel buku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh lingkungan fisik, harga promo dan persepsi produk terhadap motivasi belanja dan perilaku pembelian konsumen produk buku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dasar yang bertujuan untuk mencari jawaban baru atas pengaruh lingkungan fisik, harga promo, dan persepsi produk terhadap motivasi belanja dan perilaku pembelian konsumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel eksogen yaitu lingkungan fisik, harga promo dan persepsi produk, serta tiga variabel endogen yaitu motivasi hedonik, motivasi utilitarian dan perilaku pembelian. Enam buah hipotesis diuji dengan menggunakan perangkat lunak statistik. Pengujian hipotesis digunakan dengan menggunakan data empirik yang diperoleh dari hasil kuesioner yang dikumpulkan dari 100 responden konsumen produk buku di toko buku Gramedia Basuki Rahmat dan Gramedia Malang Town Square di Kota Malang. Pengujian model hipotesis menggunakan Path Analysis . Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas melalui confirmatory factor analysis (CFA). Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap motivasi hedonik, (2) harga promo berpengaruh terhadap motivasi hedonik, (3) persepsi produk tidak berpengaruh terhadap motivasi hedonik, (4) persepsi produk tidak berpengaruh terhadap motivasi utilitarian, (5) motivasi hedonik berpengaruh terhadap perilaku pembelian, (6) motivasi utilitarian tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian.

English Abstract

This study originated from study of literature on variables that affect shopping motivation and buying behavior. During this time a lot of research in that field took object of research in shopping center and in retail apparel industry with research results are different for each variable, we want to know how its application in retail book industry. purpose of this study was to examine and analyze influence of physical environment, promotion price and product perception on shopping motivations and buying behavior of consumer products book. Type of this research is basic research that aims to find new answers on effect of physical surroundings, promotion price and product perception towards shopping motivation and consumer purchasing behavior. In this study re three exogenous variables were physical surroundings, promotion price and product perception, also three endogenous variables were hedonic value, utilitarian value and purchasing behavior. Hypo sis testing is used by using empirical data obtained from questionnaires collected from 100 respondents of consumer of Gramedia Basuki Rahmat Bookstore and Gramedia Malang Town Square Bookstore in Malang City. Model testing hypo sis using Path Analysis. Test research instruments used validity and reliability testing through confirmatory factor analysis (CFA). Results from path analysis showed that: (1) physical surroundings has no effect on hedonic motivation, (2) promotion price affect hedonic motivation, (3) product perception has no effect on hedonic motivation, (4) product perception has no effect on utilitarian motivation, (5) hedonic values affect consumers purchasing behavior, and (6) utilitarian motivation has no effect on consumer purchasing behavior.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312/PUS/p/041105099
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 09 Jan 2012 09:25
Last Modified: 09 Jan 2012 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159506
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item