Pellokila, LiaSopalanaAgustina (2012) Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Universitas Nusa Cendana Kupang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja merupakan tolak ukur keberhasilan pegawai dalam bekerja yang berdampak langsung pada kinerja organisasi atau lembaga. Kecerdasan emosional dan kepuasan kerja merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja. Pegawai yang memiliki kecerdasan emosi yang baik dapat meningkatkan kepuasan dalam bekerja dan menghasilkan kinerja sesuai yang diharapkan organisasi atau lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, serta pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Populasi pada penelitian dilakukan pada 122 staf administrasi fakultas yang berstatus pegawai negeri sipil Universitas Nusa Cendana. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini adalah sampling jenuh atau sensus, dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data primer menggunakan instrumen berupa kuesioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan analisis kuantitatif dengan teknik analisis jalur dan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional mendorong secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, serta mendorong secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja pegawai, sementara variabel kepuasan kerja juga mendorong positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
English Abstract
performance represents a yard stick of success of employee at work. It has direct impact on performance of organization or institution. Emotional intelligence and job satisfaction are important factors influencing performance. Employee with good emotional intelligence can increase job satisfaction and produce performance as expected by organization or institution. objective of this research is to analyze direct effect of emotional intelligence on work satisfaction and direct and indirect effect of emotional intelligence on employee performance through job satisfaction. Research population is 122 administrative staffs of faculty with civil servant status at University of Nusa Cendana. Sampling technique is saturated sampling or census where all populations are sample. collection technique of primary data is questionnaire. Data analysis methods include quantitative analysis approach, path analysis, and Partial Least Square (PLS) analysis. Result of research indicates that emotional intelligence variable positively and significantly stimulates job satisfaction, and directly and indirectly increases employee performance. Job satisfaction variable positively and significantly improves employee performance.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.312/PEL/a/041204103 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 09 Nov 2012 09:58 |
Last Modified: | 09 Nov 2012 09:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159504 |
Actions (login required)
View Item |