Pengukuran Kinerja pada PT. X dengan Menggunakan Metode Performance Prism dan AHP (Analytical Hierarchy Process)

Widiyawati, Sri (2013) Pengukuran Kinerja pada PT. X dengan Menggunakan Metode Performance Prism dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan proses untuk menentukan seberapa sukses suatu organisasi atau seseorang dalam mencapai tujuan-tujuan. Program pengukuran kinerja yang efektif akan bermanfaat bagi pemakainya apabila dapat menyediakan umpan balik yang membantu manajemen perusahaan dalam mengidentifikasi masalah yang timbul, mengevaluasi dan memecahkannya sehingga dapat berguna untuk mengarahkan pada perbaikan operasi dan kinerja badan usaha. Pengukuran kinerja tingkat korporasi yang lebih komprehensif merupakan tolak ukur penting yang dapat menunjukkan bagaimana performansi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Performance Prism. Performance Prism merupakan suatu metode pengukuran kinerja yang menggambarkan kinerja organisasi sebagai bangun 3 dimensi yang memiliki 5 bidang perspektif, yaitu dari perspektif kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder , strategi, proses, dan kapabilitas. Dengan menggunakan Performance Prism , dilakukan identifikasi kebutuhan dan kontribusi stakeholder secara keseluruhan sehingga didapat indikator kinerja dari kriteria strategi, proses dan kapabilitas yang dijadikan tolok ukur perbaikan kinerja. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang berisi matriks perbandingan berpasangan sebagai dasar penyusunan bobot kepentingan pada AHP dan kuesioner target pencapaian kinerja sebagai dasar penetapan skor aktual pada OMAX serta penentuan kategori penilaian pada Traffic Light System . Setelah bobot kepentingan dan perhitungan nilai performansi diperoleh, disusunlah rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja PT. X. Hasil dari pengukuran kinerja menggunakan metode performance prism pada penelitian ini didapatkan nilai indeks total sebesar 5,8364 yang masuk dalam kategori kuning, sehingga dapat dinyatakan kinerja perusahaan secara keseluruhan belum memenuhi performa yang diharapkan. Dari hasil analisis diperoleh 79 KPI yang dapat dirumuskan dan dari 79 KPI tersebut, sebanyak 11 KPI atau sekitar 13,92% merupakan KPI yang masuk dalam kategori kritis. Untuk itu, disusunlah rekomendasi perbaikan untuk memperbaiki KPI tersebut dan rekomendasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara lebih optimal.

English Abstract

Performance measurement is a process to determine how successful an organization or a person in achieving objectives. Effective performance measurement program will be beneficial for user if y can provide feedback that helps corporate management in identify problems that arise, evaluate and solve it so that can be useful for directing operation and improvement of enterprise performance. Performance measurement in corporate level with comprehensive analysiswas important benchmark to show how performance of company. method used in this study is Performance Prism. Performance Prism is a method of performance measurement that describes performance of organization as wake with -dimensional perspective that has 5 fields, ie from perspective of stakeholder satisfaction, contributing stakeholders, strategies, processes, and capabilities. By using Performance Prism, we can identify needs and contributions of stakeholders in order to get overall indicator of performance criteria of strategies, processes and capabilities benchmarked performance improvements. Stage of data collection was done by distributing questionnaires containing pairwise comparison matrix as a basis for preparation of weight and importance on AHP questionnaire achieving performance targets as basis for determining actual score on OMAX and determination of valuation category Traffic Light System. After weighting and calculation of interest earned value performance, drafted recommendations for improvements that need to be done to improve performance of PT. X. Results of performance measurement using performance prism in this study is total index value of 5.8364 which is entered in yellow category, so it can be declared overall company performance not meet expected performance. From results obtained by analysis of 79 KPI`s that can be formulated and KPI of 79, 11 or approximately 13.92% KPI`s that are critical in category. After that we can drafted recommendations to improve KPI improvements and recommendations are expected to improve companys performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 5/WID/p/041305693
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Jan 2014 11:20
Last Modified: 07 Jan 2014 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159497
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item