Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Universitas Brawijaya)

Indayati, Nurul (2012) Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis permasalahan yang dihadapi karyawan administratif Universitas Brawijaya (UB), sebagian mereka merasakan keberadaannya kurang dihargai, keterlibatan, dan kepedulian mereka terhadap organisasi serta peran formal mereka masih rendah. Uji empiris dilakukan terhadap 130 karyawan administratif guna mendapatkan data tentang keterlibatan karyawan, budaya organisasi, gaya kepemimpinan, komitmen organisasional dan kinerja. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Dengan pengambilan data melalui penyebaran Questioner. Dari hasil pengujian model telah memenuhi 5 dari 7 kriteria Goodness of fit yang ditetapkan. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa keterlibatan karyawan, budaya organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Komitmen organisasional dan Kinerja. Untuk memperbaiki kinerja karyawan administratif terutama dimensi terhadap keterlibatan kerja, budaya agresivitas dan gaya kepemimpinan yang suportif dapat meningkatkan komitmen organisasional sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 5/IND/p/041204224
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Nov 2012 14:05
Last Modified: 21 Nov 2012 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159484
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item