Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan.

Wicaksono, YosepSatrio (2015) Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pelatihan, pengembangan sumber daya manusia, semangat kerja karyawan dan kinerja karyawan melalui pendekatan positivis. Populasi adalah karyawan SKM (Sigaret Kretek Mesin) Unit.V PT. Gudang Garam, Tbk dengan jumlah sampel 100 karyawan yang secara proporsional telah mewakili dari tiap bagian dari bidang produksi, quality control, dan PPIC. Teknik analisis menggunakan alat Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan, artinya dengan melaksanakan pelatihan dan pengembangan SDM akan menumbuhkan keyakinan pada karyawan bahwa perusahaan benar-benar sebagai organisasi yang tidak hanya mengejar keuntungan, karyawan memandang bahwa perusahaan telah memberikan perhatian. Adanya perhatian yang diberikan perusahaan dalam bentuk pelatihan dan pengembangan SDM ini memberikan dampak pada meningkatnya semangat kerja karyawan. Pelatihan yang dilaksanakan perusahaan terbukti mendapat respon positif. Hal ini membuktikan bahwa karyawan yang mengikuti pelatihan merasa mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari perusahaan, yang mana karyawan merasa bahwa dengan dilaksanakan pelatihan maka perusahaan memandang karyawan menjadi aset perusahaan. Selain itu karyawan juga merasakan bahwa kehadirannya pada perusahaan bukan hanya semata-mata sebagai pekerja, tetapi karyawan menilai bahwa perusahaan juga telah memberikan perhatian untuk kepentingan karyawan yang bersangkutan. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa semangat kerja karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya semangat kerja yang lebih baik maka karyawan mampu melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan lebih baik pula. Semangat kerja menjadi suatu keadaan yang mencerminkan kondisi rohaniah atau perilaku individu yang menimbulkan suasana yang menyenangkan dimana akan mendorong setiap individu untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih baik, serta lebih antusias di dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Semangat kerja itu akan tercermin dari para karyawan yang selalu menunjukkan sikap dan tingkah laku mau bekerja, baik individu maupun kelompok bersedia dengan rela hati menyumbangkan tenaga maupun pikiran, bekerjadenganpenuh disiplin dan puas dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikanpadanya. Kata Kunci: Pelatihan, Pengembangan SDM, Semangat Kerja Karyawan, Kinerja Karyawan, SKM Unit.V, PT.Gudang Garam, Tbk.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 4/WIC/p/2015/041508076
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2015 09:42
Last Modified: 26 Oct 2015 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159471
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item